More

    Melepas Taufiq Kiemas Untuk Terakhir Kali

    09 06 2013 Taufiq Kiemas 05

    Megawati Soekarnoputri bersiap memberikan bunga untuk Sang Suami Taufiq Kiemas.

    AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Sekitar seribu pelayat menyaksikan pemakaman Taufiq Kiemas. Jenasah ketua MPR RI tersebut dimakamkan disebelah makam Ayah dan Ibunya yakni Tji Agoes Kiemas dan Hj. Hamzatoen di Taman Makam Pahlwan, Kalibata, Jakarta Selatan, (Minggu, 09/06/2013).

    Megawati Soekarnoputri, istri Taufiq Kiemas dan anaknya Puan Maharani melepas langsung kepergian jenazah. Terlihat dalam pemakaman tersebut sejumlah Menteri dari Kabinet dua, diantaranya Jero Wacik Menteri ESDM,  Hatta Rajasa Menterei Koordinator Perekonomian, dan  Suryadharma Ali Meteri Agama. Selain itu prosesi pemakaman tersebut juga dihadiri oleh sejumlah politisi yakni Pramono Anung, Panda Nababan, Muarar Siarait.

    Tak ketinggalan ratusan pelayat dari masyarakat sipil dan mahasiswa turut berdesak-desakan menyaksikan prosesi suami dari Megawati tersebut.

    Pelepasan jenazah digelar dalam upacara kenegaraan. Dalam kesempatan itu Susillo Bambang Yudhoyono memimpin langsung jalannya upacara. Presiden mengatakan dalam sambutannya bahwa Taufiq Kiemas adalah putra terbaik bangsa. Sepanjang hayat telah mengabdikan diri untuk kepentingan bangsa.

    “Taufiq Kiemas dalam jabatannya sebagai ketua MPR RI memiliki semangat kerja. Hal itu ditunjukkan hingga akhir hayatnya,” kata Presiden.

    Menurut Presiden SBY, masyarakat mengetahui semangat pengabdian Taufiq Kiemas dalam mensosialisasikan semangat empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, NKRI, Bhinak Tunggal Ika, UUD 1945. “Karena itu marilah memberikan kehormatan yang tinggi atas bakti almarhum.”

    Prosesi pemakaman Taufiq kiemas berlangsung khitmat dari pukul 11.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB. Usai upacara secara bergantian sejumlah keluarga, pejabat, dan masyarakat menaburkan bunga di atas makamnya. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here