More

    Pemuda Galang Petisi Stop Iklan Rokok di Media Massa

    Ahmad Fauzan Sazli

    iklan rokok

    Ilustrasi. FOTO : change.org

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Sekelompok pemuda yang tergabung dalam “Smoke Free Agents” membuat sebuah petisi di Change.org. Mereka menuntut Tifatul Sembiring, Menkominfo untuk menyetop iklan rokok di berbagai media massa.

    Petisi dimulai oleh Jessica Harlina, Yosef Rabindanata, M Ricki Cahyana, Laksamana Yudha, Ramdhan Wahyudi, Sidik Setyo Hanggono, dan Hasna Pradityas. Hingga siang hari 14 Juni 2013, petisi yang bisa diakses melalui laman http://change.org/stopiklanrokok ini telah didukung 5.339 orang.

    Mereka menganggap iklan rokok di media massa telah memancing anak muda untuk menjadi perokok aktif. Bagi mereka tidak ada tempat yang aman dari iklan rokok, mulai sekitar sekolah, jalan menuju sekolah, warung sekitar rumah, taman, mal, tempat olahraga, rekreasi dan lainnya. Padahal 46,3 persen remaja berpendapat iklan rokok memiliki pengaruh yang besar untuk mulai merokok.

    Penggagas petisi menyatakan malu bahwa Indonesia mendapat sebutan “Baby Smoker Country” http://www.youtube.com/watch?v=DiyWK3fzTpA (Video Dokumenter Sex, Lies, & Cigarettes).

    Selain itu petisi ini juga dibuat ingin menunjukkan bahwa negara-negara tetangga yang lain seperti Singapura, Thailand, Vietnam, Singapura, Filipina, Kamboja, dan Laos sudah lebih maju dalam menerapkan pelarangan iklan rokok di negaranya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here