More

    Pencari Kerja Harus Kreatif

    Ahmad Fauzan Sazli

    03 06 2013 Jobstreet 01

    Ade Wisnu Brata, Marketing Communication JobStreet.com. FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Peluang kerja di Indonesia sangat banyak. Begitu juga dengan para pencari kerjanya. Setiap bulan tidak kurang dari 19.500 perusahaan membuka lowongan kerja di JobStreet.com. Sementara  jumlah pengaksesnya mencapai 100 ribu orang per hari.

    Ade Wisnu Brata, Marketing Communication JobStreet.com mengatakan, satu lowongan kerja rata-rata diisi oleh 80 pelamar di JobStreet.com. Untuk itu, ia menyarankan agar para pelamar tidak menjadi pelamar yang biasa saja.

    “Para pelamar harus kreatif dan ekspresif,” kata Wisnu Kepada KabarKampus disela-sela launching JobStreet berbahasa Indonesia di Jakarta, Senin, (03/06/2013).

    Menurutnya, pelamar harus menuliskan keunggulan mereka, seperti menuliskan pemuda yang energik, mampu mengerjakan tugas tepat waktu, menuliskan alasan mengapa pelamar adalah orang yang tepat kerja di perusahaan tersebut. Hal itu agar perusahaan menjadi penasaran.

    “Paling tidak perusahaan membuka CV pelamar dan memanggilnya untuk wawancara,” jelas Wisnu.

    Wisnu menjelaskan, bahwa JobStreet.com mengajak agar para pelamar tidak menjadi pelamar yang biasa saja. Baginya pelamar harus kritis, agar tidak membeli kucing dalam karung. Calon pelamar harus mengetahui jumlah gaji yang ditawarkan perusahaan tempatnya melamar.

    Namun, pengalaman Wisnu di JobStreet.com, ia justru menemui pelamar yang tidak mengisi Sign Out Listing alias kolom untuk menjelaskan kelebihan si pelamar. Begitu juga dengan tes bahasa Inggris dasar di Jobstreet.com yang juga sering tak diisi.

    “Paling target kami, dengan menjadi calon pelamar kreatif, calon pelamar dapat dipanggil untuk wawancara oleh perusahaan tempatnya melamar,” kata Wisnu.

    Dalam launching, Jobstreet dalam bahasa Indonesia, Wisnu berharap calon pelamar kerja di seluruh Indonesia dapat lebih mengerti. Dengan demikian pengangguran di Indonesia berkurang.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here