More

    Peserta SMPTN 2013 di Jakarta Menurun

    Ahmad Fauzan Sazli

    Suasana Ujian SMPTN

    Suasana ujian SMPTN hari pertama di Lab School Kebayoran, Selasa, (18/06/2013) FOTO : Humas UI

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SMPTN) 2013 digelar serentak di seluruh Indonesia mulai hari ini, Selasa, (19/06/2013). Peserta ujian SMPTN tahun ini menurun dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2012 jumlah ujian SMPTN untuk wilayah Jakarta sebanyak 48.837 peserta. Sementara untuk tahun ini berjumlah 44.165.

    Untuk daerah Jakarta yang masuk ke dalam wilayah 1 digelar di tiga Universitas yaitu, Universitas Negeri jakarta,  UIN Jakarta, serta Universitas Indonesia . Dari jumlah 44.165 peserta, sebanyak 17.713 peserta dari  Saintek, 22.755 peserta Soshum, dan 3.697 Ujian Campuran.

    Untuk tahun ini terdapat 17 peserta ujian yang menyandang disabilitas yang mengikuti ujian SBMPTN di Fakultas Hukum UI.  Para peserta ujian Saintek terdiri dari 4 peserta (1 tuna netra, 2 tuna rungu, 1 tuna daksa). Peserta ujian soshum terdiri dari 13 peserta (6 tuna netra, 5 tuna rungu dan 2 tuna daksa).

    Ada pun sekolah yang digunakan sebagai lokasi ujian SBMPTN berjumlah 104 SMA/MA/SMK Sederajat yang tersebar di wilayah Jakarta maupun Depok.

    SBMPTN 2013 hari pertama akan mengujiankan Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) yang terdiri dari Matematika Dasar, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Pada hari kedua , peserta Saintek akan mengikuti TKD (Tes Kemampuan Dasar) Saintek (Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika Dasar) sedangkan peserta Soshum akan mengikuti TKD Soshum (Sejarah, Ekonomi, Geografi & Sosiologi).

    Dan bagi peserta SBMPTN yang memilih program studi ilmu seni dan keolahragaan akan mengikuti ujian keterampilan yang diselenggarakan pada 20 dan atau 21 Juni 2013.

    SBMPTN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis. Selain ujiantertulis, program studi ilmu seni dan keolahragaan juga mempersyaratkan uji keterampilan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here