More

    Pusat Penelitian Dunia Buka Kantor di Indonesia

    Ahmad Fauzan Sazli

    SBY beserta Rektor UI,Dekan FEUI  dan para scientific director of JPAL (01)

    SBY beserta Rektor UI,Dekan FEUI  dan para scientific director of JPAL. FOTO : Humas UI

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Pusat penelitian dunia, the Abdul Latif Jameel Poverty Action Lab (J-PAL) secara resmi  membuka kantor di LPEM UI (Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia) lantai 6 kampus Salemba. Dengan misi menurunkan angka kemiskinan, J-PAL SEA menggandeng LPEM UI untuk bersama-sama menjalankan kolaborasi riset serta menerjemahkan beragam hasil penelitian menjadi tindakan nyata yang dapat diimplementasikan di masyarakat.

    Kantor J-PAL SEA ini akan menjadi kantor regional ke-5, setelah berdiri terlebih dahulu J-PAL di universitas-universitas ternama di Negara Chili, Perancis, India, dan Afrika Selatan.

    “Kami senang dapat memperluas kemitraan kami dengan pembuat kebijakan di Asia Tenggara,” kata Global Abhijit V. Banerjee Direktur J-PAL dalam peluncurannya di di Kempinski Grand Ballroom Jakarta, Selasa (25/06/2013).

    Menurutnya, keberadaan mereka di Indonesia adalah untuk lebih mengetahui program-program pembangunan mana yang benar-benar efektif, serta menggunakan temuan penelitian untuk meningkatkan upaya penanggulangan kemiskinan.

    Sementara itu Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met. Rektor UI menyatakan bahawa ia percaya dengan adanya kolaborasi antara J-PAL dan LPEM FE UI mempu meningkatkan penelitian dan menghasilkan beragam tindakan nyata untuk menanggulangi kemiskinan, khususnya di Indonesia.

    Menurutnya, kerjasama antara UI dengan J-PAL dapat terjalin dengan efektif sebab keduanya sejalan dalam visi dan misi untuk menuntaskan angka kemiskinan.

    Launching kerjasama antar dua lembaga ini dihadiri Susilo Bambang Yudhoyono hadir dalam  J-PAL South East Asia (J-PAL SEA) dan lebih dari 300 peneliti internasional dan lokal, pejabat pemerintah dan lembaga-lembaga multilateral.

    J-PAL sendiri merupakan perintis jaringan penelitian internasional di bawah Departemen Ekonomi Massachusetts Institute of Technology – Amerika Serikat, yang mengkaji efektivitas implementasi program-program pembangunan, mencari tahu dan mengukur tingkat keberhasilannya.

    Sedangkan LPEM UI adalah lembaga penelitian, konsultasi, dan pelatihan di bawah Fakultas Ekonomi UI, yang aktivitasnya terkait erat dengan penyelesaian masalah-masalah pembangunan untuk kepentingan masyarakat Indonesia serta aktif terlibat dalam pembangunan ekonomi Indonesia.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here