More

    Ratusan Robot Bertarung di Semarang

    Ahmad Fauzan Sazli

    Robot Tari ITB. FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI
    \

    Robot Tari ITB. FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    SEMARANG, KabarKampus – Kontes Robot Nasional (KRN) 2013 resmi dibuka hari ini di GOR Jati Diri Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, (08/06/2013). Sebanyak 104 tim berasal dari 55 Perguruan Tinggi se-Indonesia ujuk kebolehan dalam ajang tahunan kompetisi robot tahunan ini.

    - Advertisement -

    Ada 5 kategori yang dipertandingkan pada KRN 2013 ini yakni, Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI)beroda dan berkaki, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI). Dari ke 104 Tim tersebut sebanyak 24 Tim mengikuti KRI, 27 Tim KRPAI beroda, 21 Tim KRPAI berkaki, 16 Tim KRSBI dan 16 Tim KRSI.

    Sebelum berkompetisi pada tingkat nasional ini, sebelumnya mereka telah dalam kompetisi tingkat regional di 5 wilayah. Regional I di STMIK Teknokrat Lampung, Regional II di Politeknik Negeri Jakarta, Regional III di UII Yogyakarta, Regional IV di Universitas Negeri Surabaya dan Regional V di Universitas Udayana Bali.

    Dalam  upacara pembukaan KRN 2013, pihak tuan rumah menampilkan robot Warag Ngendog karya mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Warag Ngendog sendiri merupakan binatang yang menjadi icon kota Semarang.

    Tidak hanya itu, dalam opening ceremony juga dilakukan penyerahan piala bergilir dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ke panitia penyelenggara.

    Jajang Hasyim, Deputi Bidang Industri Strategis Kemenristek dalam sambutannya mengatakan, bahwa Kontes Robot Nasional merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan KRN semakin meningkatkan kesadaran mahasiswa akan teknologi yang terus berkembang.

    “Ini adalah upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kreativitas yang terbaik,” katanya.

    Selain itu menurutnya, robotic adalah suatu yang unik, mengadopsi manusia untuk menjadi alat bantu untuk manusia. Banyak ilmu yang bisa dipelajari disini dari elektronika hinggga pengetahuan mekanik.[]

    Kontes Robot Nasional menjelaskan KRN 2013 berlangsung selama 4 hari, yakni tanggal 6 s.d 9 Juni 2013.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here