More
    Home RAGAM GAYA HIDUP Trik Berburu Kosan Nyaman dan Murah

    Trik Berburu Kosan Nyaman dan Murah

    Endah Kemala

    12 06 2013 ilustrasi kamar kosSeperti menjadi ritual, tahun ajaran baru perkuliahan diwarnai “kerusuhan” para mahasiswa mencari kos-kosan. Apalagi untuk mahasiswa baru yang baru aja mendapat kebebasan dan tanggung jawab mengurus diri sendiri. Mahasiswa baru biasanya bakal kebingungan mencari kosan yang kiranya murah dan nyaman. Kalau hal ini terjadi sama kamu, jangan lantas bingung dan pulang kampung karena gak jadi kuliah. Beberapa trik ini dapat membantu kamu untuk berburu kosan.

    Cari Kosan Minimal 1 bulan Sebelum Perkuliahan di Mulai

    Harus kamu ketahui setiap tahunnya akan banyak sekali mahasiswa baru dan lama yang mencari kos-kosan baru. Supaya bisa mendapatkan kosan berkualitas, bersiaplah mencari kos-kosan jauh-jauh hari. Minimal satu bulan sebelum perkuliahan dimulai. Jika sudah mendapatkan yang sesuai, kamu bisa kasih DP dulu ke ibu kosan sebesar 10% agar tidak diambil orang lain. Dengan begini, kamu bisa aman untuk mencari kosan yang lebih baik atau pulang ke kampung halaman terlebih dahulu.

    Hunting Informasi Kosan

    Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kos-kosan yang nyaman dan murah. Bisa dari saudara atau kakak kelas yang kuliah di tempat yang sama. Biasanya kos-kosan yang bagus dan murah berada di sekitar kampus. Untuk irit ongkos, kamu bisa mencari kos-kosanan di sekitar kampusmu. Di sini kamu harus pintar bersosialisasi dengan para pedagang sekitar. Tanya-tanya mengenai info kosan tersebut, seperti harganya, bagaimana lingkungannya, serta seperti apa ibu kosnya. Biasanya banyak pedagang sekitar yang jadi langganan anak kos-kosan sekitar sekaligus tempat curhatan. Di sini kamu bisa tahu kelas terbaik dari kosan-kosan yang menjadi incaranmu.

    Perhatikan Situasi dan Lingkungan di Kosan

    Lingkungan dan kemanan menjadi faktor penting yang harus kamu perhatikan. Baik akses angkutan umum, warung makan hingga kemanan di lingkungan sekitar kos-kosan. Terkadang sebagai mahasiswa kamu akan berhadapan dengan situasi harus pulang malam. Bukan buat dugem lho, tapi mengerjakan tugas atau adanya aktivitas kampus lainnya. Di sinilah pentingnya lingkungan yang aman dari adanya ancaman kejahatan.

    Hati-hati dengan Bapak Kosan Centil

    Untuk para mahasiswi, kamu harus hati-hati. Ada baiknya kamu perhatikan juga gelagat dari bapak kosmu. Selain menghindari kemungkinan pemerkosaan atau pelecehan, kamu harus hindari omongan anak kosan lain serta kemarahan dari ibu kos.

    Bandingkan Fasilitas dan Pengeluaran tiap Kosan dalam Satu Bulan

    Akan lebih baik jika kamu mendatangi banyak kosan. Bandingkanlah harga dan fasilitas yang bisa kamu dapatkan dari beberapa kosan yang sudah kamu sambangin. Jangan terkecoh dengan harga yang diberikan. Kamu harus menghitung antara harga kamar dengan pengeluaran lain yang berhubungan dengan kosan kamu, seperti pembelian kasur, lemari, meja, dan berbagai barang lainnya. Akan lebih baik memilih kosan yang harganya lebih mahal, tapi kamu sudah tidak perlu membeli perlengkapan lain dibandingkan kosan yang murah tapi kasur dan lemari harus kamu persiapkan sendiri. Lihat juga apakah harga kosan itu sudah termasuk pembayaran air, listrik, uang sampah dan keamanan atau hanya pembayaran uang kamar saja. Lihat hitung-hitungan pengeluaranmu, dan pilih yang paling efektif.

    Jadi dari sekarang kamu harus pintar-pintar mencari kos-kosan yang selain lingkungannya nyaman juga tidak membuat kamu mengeluarkan uang yang banyak. Nah, selamat hunting kos-kosan! []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here