More

    Van Persie, Pesohor Sepak Bola Eropa Berdarah Surabaya

    Ahmad Fauzan Sazli

    Robin van Versie

    Robin van Persie. FOTO : Goal.com

    - Advertisement -

    Untuk pertama kalinya pemain bola berdarah Surabaya menyabet sepatu emas di Liga Primer Inggris. Dialah Robin Van Persie, striker Manchester United yang juga pemain Timnas Belanda.

    Persie lahir di Rotterdam Belanda 6 Agustus 1983. Ia lahir dari kelurga seniman. Jose Ras, Ibunya adalah seorang designer pehiasan dan pelukis, serta pangajar anak-anak dengan perlakuan khusus. Sementara ayahnya adalah seorang pematung. Darah Surabaya Persie diperoleh dari neneknya yang berasal dari Surabaya.

    Pada tahun 2006, Van Persie menikah dengan Boucra, seorang gadis keturunan Maroko. Dari pernikahan mereka, Persie memiliki seorang anak laki-laki bernama Shaqueel dan seorang anak perempuan bernama Dina. Pertemuaanya dengan Bouchra inilah yang membuat Persie menjadi mualaf.

    Pesepak bola dengan tinggi 183 ini memulai karir sepak bolanya di klub sepak bola Excelsior, Feyenoord, kemudian Arsenal. Dan saat ini Persie merumput di  Manchester United. Keputusannya pindah ke MU dengan transfer 24 found pada awal musim ini dari arsenal tidak sia-sia. Persie bersama timnya berhasil menyabet trofi Liga Primer Inggris setelah Arsenal sepi juara.

    Keberhasilan Persie atau yang biasa disapa Rvp ini sering digadang-gadang dengan mirip dengan Eric Cantona. Dimana Red Devils dibawa menjadi juara liga Primer. Saat itu ia pindah dari Leeds United yang saat itu rival MU.

    Robin Van Persie sendiri membela belanda pada piala dunia 2006, Piala Eropa 2008, dan piala dunia 2010. Hingga saat ini, ia sudah mengoleksi 34 gol dari 74 penampilannya bersama Timnas. Terpaut enam gol dari pencetak gol terbanyak Oranje Patrick Kluivert.

    Pada pertandingan Belanda menghadapi Indonesia, Persie dikabarkan akan turun. Dia juga terliat turut dalam latihan menjelang pertandingan tersebut di Gelora Bung Karno. Selamat datang di Indonesia Persie.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here