More

    BNPB Tetapkan Seminggu Tanggap Darurat di Bener Meriah

    Ahmad Fauzan Sazli

    03 07 2013 Ketua BNPB

    Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus –  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menetapkan status tanggap darurat selama satu minggu dari tanggal 3 – 9 Juli 2013 di Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Kab Bener Meriah sendiri merupakan wilayah pusat gempa di Aceh.

    Hingga saat ini terdapat 16 kali gempa susulan. Gempa yang cukup besar dua kali. Gempa susulan pertama terjadi pada pukul 20.55 WIB dengan kekuatan 5.5 SR dan  gempa susulan kedua pada pukul 22.36 WIB dengan kekuatan 5.3 SR.

    Adapun jumlah korban jiwa yang dihimpun BNPB adalah 24 orang meninggal, 2 orang hilang dan 249 orang luka-luka. Sementara sekitar  375 bangunan dan rumah rusak, begitu juga jalan tertibun longsor.

    “Masa Tanggap Darurat di Bener Meriah ditetapkan 1 Minggu dari tanggal 03-09 Juli 2013” kata Sutopo Purwo Nugroho, Rabu, (03/07/2013).

    Menurutnya, saat ini BNPB bersama berbagai pihak masih melakukan upaya penyelematan dan pendataan. Jumlah kerusakan dan jumlah korban jiwa kemungkinan masih akan bertambah. Sementara gempa susulan kemungkinan masih akan terjadi.

    Sutopo menjelaskan, untuk itu pihaknya bersama SRC, PB, Kemsos, Kemkes, dan Kem PU telah berangkat menuju Bener Meriah melakukan koordinasi dengan Bupati Bener Meriah. Mereka juga telah mengirimkan Helicopter Collibri TNI AU yang berada di Pekan Baru ke Aceh untuk membantu penyelamatan dan pencarian korban.

    Selain itu mereka juga mengirimkan pesawat CN 235 ke Aceh untuk melakukan foto udara dan kaji cepat dampak kerusakan akibat gempa. Sebanyak 1.524 personil pasukan TNI atau Polri juga disiapkan untuk ke Aceh jika diperlukan.

    Gempa bumi 6.2 SR dengan kedalaman 10 km yang mengguncang Aceh sendiri terjadi pada  pukul 14.37, Selasa, (02/07/2013). Gempa ini telah membuat warga Aceh panik dan berhamburan keluar rumah.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here