More

    Doktor UI Buktikan Enzim Nanas Dapat Sembuhkan Luka Diabetes

    Ahmad Fauzan Sazli

    Dr. Debie Dahlia
    Dr. Debie Dahlia

    DEPOK, KabarKampus – Debie Dahlia, mahasiswa Program Doktor Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) melakukan penelitian terhadap pemberian bromelain topikal dari buah Nanas yang memiliki efek penyembuhan pada tikus dengan perlukaan Diabetes Mellitus (DM). Penelitian ini merupakannya Disertasinya yang berjudul “Efektivitas Bromelain Topikal Pada Penyembuhan Luka Tikus Diabetikum: Tinjauan Khusus Terhadap Ekspresi MMP-9, TIMP-1, TGF-β Pada Fase Inflamasi, Proliferasi dan Maturasi”.

    Bromelain adalah enzyme protease dari tanaman nanas yang telah dibuktikan baik in vitro dan in vivo efektif sebagai anti inflamasi dan imunomodulator. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian randomized post test control design dengan menggunakan hewan coba tikus Sprague Dawley.

    - Advertisement -

    Dari hasil penelitiannya, diketahui bahwa terjadi perbedaan bermakna rate penyembuhan luka antara kelompok kontrol DM dengan kelompok perlakuan bromelain topikal dan bromelain standar. Dengan kata lain, pemberian bromelain topikal memiliki efek penyembuhan pada tikus dengan perlukaan DM.

    Penelitian yang pertama di dunia ini pun berhasil mengantarkan dirinya menjadi Doktor ke-10 yang lulus dari program Doktoral FIK UI dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,71.

    Saat ini, selain menjadi staf pengajar di Kelompok Keilmuan Medikal Bedah, Debie juga menjabat sebagai Manajer Ventura FIK UI serta aktif melakukan kegiatan penelitian khususnya bidang ilmu Keperawatan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here