More

    Mahasiswa ITB Kembangkan Aplikasi Absensi Pendeteksi Kesehatan

    Ahmad Fauzan Sazli

    Stie ITBBANDUNG, KabarKampus – Lima mahasiswa Sekolah Tinggi dan Informatika (STEI) ITB mengembangkan absensi sidik jari yang mampu menganalisa kondisi kesehatan seseorang. Karya kelima mahasiswa tersebut dinamakan “Attendance Record System with Integrated Body Health Information”.

    Inovasi mahasiswa yang terdiri dari Bagus Hanindito, Wisnu Wijayanto, dan Cindy Agustina ini berhasil menjuarai kompetisi bidang teknologi dan informasi Fujitsu Innovation Chalenge yang digelar Fujitsu. Berkat kemenangan ini mereka juga berhak mengunjungi mengunjungi kantor pusat Fujitsu di Jepang.

    - Advertisement -

    “Idenya dari orang tua Bagus yang sakit dan terpaksa harus dicek darah, setiap kali dicek darah Beliau harus ditusuk jarum dan karena sudah berulang kali maka tangannya luka,” kata Cindy di Jakarta, Kamis, (26/07/2013).

    Dari sana, Cindy dan kedua rekannya memiliki ide mengembangkan perangkat PalmSecure dari Fujitsu untuk dijadikan alat absen sekaligus pendeteksi kondisi kesehatan melalui pengecekan jumlah hemoglobin dalam darah.

    Cindy menjelaskan,  cara kerja alat ini dengan mengecek deoxygenated haemoglobin yakni hemoglobin yang tidak diikat oksigen.

    “Semakin banyak hemoglobin yang terkena sinar inframerah maka warnanya menjadi gelap kalau yang kurang jadi terang, warna gelap mengindikasikan kondisi prima, sedangkan terang artinya seseorang sakit atau sedang kelelahan,” katanya.

    Sementara itu Bagus mengatakan, proses pembuatan aplikasi ini tidak terlalu sulit karena mereka hanya mengembangkan software aplikasi, hardware-nya sudah disediakan Fujitsu.

    “Tinggal pakai dan diintegrasikan dengan aplikasi ciptaan kami,” jelas Bagus.

    Fujitsu Innovation Challenge adalah ajang kompetisi untuk mahasiswa se-tanah air untuk berkreasi menciptakan aplikasi inovatif dengan menggunakan teknologi otentikasi pembuluh darah terbaru dari Fujitsu, PalmSecure.

    Melalui kompetisi ini, Fujitsu menantang para mahasiswa untuk menciptakan software aplikasi yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari yang dapat diintegrasikan dengan teknologi PalmSecure besutan Fujitsu.[]

     

    Sumber : Liputan6, Antara

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here