More

    Mahasiswa Unpad Perkenalkan Kesenian Daerah di Polandia

    Ahmad Fauzan Sazli

    Mahasiswa Unpad Go to PolandiaBANDUNG, KabarKampus – Sebanyak 33 mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad) akan mengikuti ajang Zakopane Festival of Highland Folklore di Polandia pada 23 Agustus – 8 September mendatang. Di sana ke-33 mahasiswa yang tergabung dalam komunitas Pasir Putih tersebut akan memperkenalkan kebudayaan Indonesia melalui kesenian.

    Para mahasiswa ini akan menampilkan beberapa tarian tradisional, yakni Tari Nandak Ganjen (DKI Jakarta), Tari Banjidor Kahot (Jabar), Tari Piring (Sumbar), Tari Saman (Aceh), Tari Lontar (NTT), Tari Soya-soya (Maluku Utara), dan Tari Tifa (Papua) dengan diiringi oleh musik campuran kontemporer-tradisional. Selain itu, mereka juga akan mengikuti kompetisi musik dan tari tradisional yang digelar.

    - Advertisement -

    Michelle, salah satu mahasiswa mengungkapkan, butuh waktu sekitar 4 bulan lebih bagi timnya untuk berlatih beberapa tarian tersebut. Meskipun dalam waktu yang singkat, mereka yakin akan menampilkan yang terbaik di ajang yang diikuti oleh 460 kelompok kebudayaan dari 60 negara ini.

    “Karena ada kompetisinya juga, maka kita berharap akan menjadi juara juga di sana dan bisa mengharumkan nama Unpad dan Indonesia,” ucap Michelle, Senin, (22/07/2013).

    Pasir Putih sendiri adalah komunitas bentukan CIOFF, lembaga kerjasama kebudayaan dunia di bawah naungan UNESCO. Unpad sendiri telah dua kali dipilih sebagai wakil Indonesia di ajang festival kebudayaan dunia, yakni di Polandia dan Turki pada tahun 2012 lalu.

    Untuk kali ini, Unpad dipilih oleh CIOF karena mewakili tema yang diangkat dalam Zakopane Festival, yakni kampus yang berada di kawasan dataran tinggi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here