More

    Relawan Sigap Membantu Korban Gempa Aceh 6,2 SR

    Frino Bariarcianur | FOTO : @discover_aceh

    03 07 2013 relawan sigap bantu korban gempa aceh

    JAKARTA, KabarKampus—Gempa bumi berkekuatan 6,2 SR yang menggoncang Aceh pada hari Selasa (02/07/2013) sekitar pukul 14.37 WIB telah menelan korban. Para relawan pun sigap langsung terjun ke lokasi gempa.

    - Advertisement -

    BMKG mengeluarkan pernyataan resmi bahwa pusat gempa di daratan berada 35 km BaratDaya Kab. Benermeriah atau 43 km Tenggara Kab. Bireuen, atau 50 km BaratLaut Kab. Aceh Tengah, atau 181 km Tenggara Banda Aceh. Sumber kedalaman gempa 10 km. Gempa tidak menimbulkan potensi tsunami.

    Berdasarkan keterangan dari Badan Nasional Penanggulang Bencana, gempa Aceh 6,2 SR tersebut dirasakan kuat selama 15 detik oleh warga di Kabupaten Benermeriah hingga Banda Aceh. Goncangan membuat warga panik dan berhamburan untuk menyelamatkan diri.

    Isu mengenai tsunami dan gempa susulan dengan kekuatan lebih besar yang dikhawatirkan warga tidak terbukti. Meski demikian gempa susulan sempat terasa. Warga sejak sore hingga tengah malam masih cemas.

    Akibat gempa Aceh 6 Orang tewas, 2 orang masih dicari dan sekira 200 lebih orang luka-luka. Puluhan rumah rusak berat. Korban paling banyak berada di daerah Kabupaten Benermeriah dan Aceh Tengah. Namun data yang terhimpun ini masih bersifat sementara. Sebab tim evakuasi dan para relawan masih terus bekerja untuk menyelamatkan korban.

    Warga yang terluka sejak Selasa sore dirawat di depan Puskesmas Lampahan, Benermeriah. Kini pihak BNPB Benermeriah dibantu PMI, Polisi, TNI, dan relawan telah membangun posko tanggap bencana. Petugas kesehatan pun sigap memberikan pertolongan kepada korban yang terluka akibat reruntuhan.

    Di Aceh Tengah, daerah Takengon, akibat gempa tersebut menyebabkan jalur transportasi di Km 92 Takengon, Kecamatan Kebayakan, terputus. Syukurlah, tim evakuasi yang bersusah payah telah mencapai ke lokasi korban. Sejak semalam hingga dini hari kota Takengon gelap gulita.

    Sejumlah mahasiswa, aktivis dari pelbagai komunitas dan juga ormas di Provinsi Aceh telah menggalang solidaritas kemanusiaan. Para relawan siap membawa dan diterjunkan untuk membantu korban gempa Aceh 6,2 SR. Mari kita galang solidaritas untuk membantu para korban gempa Aceh. Semoga korban diberikan kekuatan untuk menghadapi bencana alam ini.

    Jika KaKa ingin langsung ke lokasi gempa bumi untuk memberikan bantuan, mohon jangan gegabah. Ada baiknya menghubungi pihak-pihak terkait terlebih dahulu. Untuk mengetahui informasi #gempaaceh silakan follow @infobencana @discover_aceh @iloveaceh @BEMFK_Unsyiah.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here