More

    Tim Street Soccer Indonesia Siap Berlaga di Polandia

    Ahmad Fauzan Sazli

    Tim street soccer Indonesia 2012

    Tim Street Soccer Indonesia Raih Peringkat Empat pada Homeless World Cup 2012 di Mexico. FOTO : Infobdg

    - Advertisement -

    BANDUNG, KabarKampusTim nasional street-soccer Indonesia akan berlaga pada kejuaraan dunia Homeless World Cup (HWC) pada 10 -18 Agustus 2013 di Poznan, Polandia. Timnas yang terdiri dari delapan pemain ini akan bertanding melawan 64 negara.

    Kompetisi ini merupakan turnamen yang diikuti kelompok masyarakat yang terpinggirkan secara sosial seperti masyarakat miskin, tunawisma, pecandu narkoba, atau Orang dengan HIV/AIDS.

    Kheista Leoni, Manajer Timnas dari Rumah Cemara mengatakan, proses seleksi pemain telah dimulai sejak pelaksanaan turnamen street-soccer nasional ‘League of Change’ pada bulan Maret 2013.

    “Saat itu terpilih 16 pemain dari total 72 pemain yang berasal dari 9 provinsi. Semua pemain kemudian harus melewati seleksi berikutnya, yaitu wawancara dan tes fisik,” ungkap Kheista dalam Jumpa Pers Launching Timnas Indonesia untuk Homeless World Cup 2013, yang  berlangsung di Bandung Creative City Forum (BCCF), Jl. Purnawarman, Bandung (16/7).

    Seleksi tahap akhir ini menghasilkan 8 pemain yang akan mewakili Timnas Indonesia, yaitu :  Mifta Sano Sudrajat (DKI Jakarta), Nico Pernando, Ricky Irawan, Sendi, dan Yakub (Jawa Barat), Ahmad Faizin (Jawa Tengah), Dimas Saputra (Jawa Timur), serta I Wayan Arya Renawa (Bali).  Para pemain ini berasal dari berbagai latar belakang seperti kelompok masyarakat miskin,  mantan pengguna narkoba, serta orang dengan HIV/AIDS.

    Sementara itu Pelatih Timnas, Bonsu Hasibuan berharap prestasi timnas tahun ini bisa lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. “Para pemain telah berlatih keras. Apalagi kali ini melibatkan Wanadri yang berperan besar  dalam menggembleng para pemain. Itu semua bekal kita untuk mencapai prestasi terbaik, lebih baik dari sebelumnya,”ucapnya.

    Seperti diketahui, prestasi Timnas Indonesia yang dimotori oleh Rumah Cemara terbilang cemerlang selama mengikuti kejuaraan dunia street soccer Homeless World Cup (HWC). Pada HWC  2011 di Perancis, Timnas Indonesia meraih peringkat ke-6, tim terbaik, serta salah seorang pemainnya, Ginan Koesmayadi menjadi pemain terbaik. Pada HWC 2012 di Meksiko, prestasi timnas naik menjadi peringkat ke-4, serta meraih prestasi lain yaitu pelatih terbaik.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here