More

    UGM Pertahankan Gelar Sebagai Kampus Terpopuler di Indonesia

    Ahmad Fauzan Sazli

    UGM

    JAKARTA, KabarKampus – Universitas Gadjah Mada mempertahankan posisinya di peringkat pertama sebagai universitas terpopuler di Indonesia versi 4Internasional Collegge and Universities (4ICU). Tak hanya itu, untuk tingkat Asia, peringkat UGM naik menjadi peringkat 26, setelah sebelumnya berada di posisi 53.

    - Advertisement -

    Menanggapi capaian ini, Dr. Didi Achjari, SE, Akt, M.Com, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sistem Informasi UGM mengatakan, bahwa sejak memperoleh otonomi pada tahun 2000 dan menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT-BHMN) UGM memang sangat gencar melakukan terobosan-terobosan di bidang teknologi informasi (TI).

    Terobosan itu antara lain dengan pembangunan jaringan fiber optik. Jaringan fiber optik inilah yang membuat bandwidth dengan kapasitas yang besar dapat mengalir di UGM. Saat ini, bandwidth di UGM sebesar 800 Mbps dan akan segera meningkat menjadi 2000 Mbps.

    “Bandwidth yang cukup besar ini digunakan untuk akses ke jurnal internasional yang dilanggan secara massif oleh UGM,” kata Didi, Kamis (18/07/2013).

    Selain itu menurut Didid, UGM juga membuat program e-learning, memberi bandwidth yang relatif memadai untuk fakultas, sekolah, dan unit kerja, serta memberikan akun email UGM kepada semua mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan alumni.

    Didi menambahkan bahwa dengan infrastruktur TI yang baik, konten yang kaya, dan bandwidth yang besar membuat konten digital di UGM bisa diakses oleh masyarakat dengan mudah dan cepat. Konten digital ini meliputi website institusi ataupun website mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Kualitas konten yang bagus juga membuat banyak website UGM diacu dari luar.

    “Akses dari luar inilah yang membuat UGM menempati posisi pertama dalam ranking karena ranking ini ditentukan dengan sumbangan digital,” imbuhnya.

    Pemeringkatan 4ICU dilakukan terhadap 11.160 perguruan tinggi dari 200 negara dan dipublikasikan pada setiap semester di bulan Januari dan Juli. Untuk Indonesia sendiri pemeringkatan universitas terpopuler dilakukan terhadap 383 perguruan tinggi.

    Untuk melakukan pemeringkatan, 4ICU menggunakan algoritma dari lima web metric berbeda dari tiga search engines yang independen dan saling terpisah yaitu Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, Majestic Seo Referring Domains, Majestic Seo Citation Flow, dan Majestic Seo Trust Flow.

    Adapun lima besar perguruan tinggi terpopuler di Indonesia yaitu,  UGM,  Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan Universitas Kristen Petra Surabaya.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here