More

    UGM Siapkan Mobil Balap Untuk Bertarung di Jepang

    Ahmad Fauzan Sazli

    Mobil balap UGM Uji Akselerasi 01

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Tim Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) menyiapkan mobil balap Student Formula SAE yang akan dibawa ke Jepang pada bulan September 2013 mendatang. Mereka pun menggelar tes drive uji akselerasi dan ketangguhan mobil balap tersebut di pelataran parkir stadio Maguwoharjo, Sleman, Rabu (31/07/2013).

    - Advertisement -

    Dalam test Drive mobil balap ini disyaratkan mampu menempuh jarak 75 meter dalam tempo 4 detik. Kemampuan akselerasi ini menjadi target tim untuk bisa berhasil memenangi salah satu dari empat kategori yang diperlombakan.

    Untuk meningkatkan kemampuan akselerasi, bobot kendaraan pun terpaksa dimodifikasi agar beratnya berkurang hingga 50 kilogram.  Jika sebelumnya mobil balap ini memiliki bobot 280 kilogram, kini hanya memiliki berat 230 kilogram.

    “Kita mengadopsi mobil Eropa. Modifikasinya pun  banyak sekali. Target kita tahun ini bisa menang dalam kategori akselerasi,” kata Muhammad Fikri Haykal, perwakilan tim Bima Sakti.

    Haykal menjelaskan, meski dimodifikasi namun mobil balap yang akan dipacu pada ajang Student Formula 2013 itu masih menggunakan mesin Honda CBR-600 kapasitas 600 cc yang dulu digunakan dalam keikutsertaan dua perlombaan. Bahkan tim bimasakti juga melakukan berbagai modifikasi dalam hal pemilihan material dan komponen yang hampir 50 persen impor.

    Menghadapi kompetisi pada bulan September mendatang, tim Bimasakti menyiapkan 4 orang driver yakni Bagus Basuki, Supriyono, Wahyu Adhika, dan Fauzan Putradi. Keempat mahasiswa ini nantinya secara bergantian akan mengendarai mobil balap untuk empat kategori yang diperlombakan, acceleration, autocross, skidpad, dan endurance.

    Bagus Basuki, salah satu anggota tim Bimasakti menerangkan, perakitan mobil balap ini melibatkan 20 orang mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik UGM dan dua orang dosen pembimbing. Sebelum berlaga di Jepang akan didahului dengan document screening yang antara lain berisi tentang cost analysis, design report, dan sebagainya.

    “Uji lain yang harus dilewati adalah uji pengereman, uji kebocoran, uji kebisingan, berat kendaraan, uji kemiringan dan sebagainya sebagai prasyarat uji keamanan untuk masuk dynamic event,” katanya.

    Namun sayang pada saat uji coba mobil rakitan mahasiswa UGM ini mengalami kerusakan pada salah satu mesin, sehingga mobil tersebut tidak bisa melanjutkan ujicoba test drive hingga selesai. Meski demikian tim Bima sakti masih tetap optimis kendala teknis tersebut dapat diatasi.

    Kompetisi Student Formula SAE di Jepang nanti sudah terdaftar 78 peserta. Mereka berasal dari Jepang, Korea, Mesir, dan Kuba. Sementara dari Indonesia sendiri, selain UGM, tim dari ITS dan ITB berencana juga mengirim tim mobil balap masing-masing.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here