More

    UMY dan Petra Masuk Lima Besar Universitas Terpopuler di Indonesia

    Ahmad Fauzan Sazli

    umy 01JAKARTA, KabarKampus – 4International College and Universities (4ICU) kembali merilis pemeringkatan popularitas perguruan tinggi di dunia. Pada periode Juli 2013 ini, dua Universitas swasta yang pada sebelumnya tidak masuk sepuluh besar, kini masuk dalam lima besar.

    Kedua Universitas itu adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada urutan keempat dan Universitas Kristen Petra Surabaya pada urutan kelima. Sementara perguruan tinggi terpopuler pada urutan pertama masih dipegang oleh Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, disusul oleh Universitas Indonesia (UI) pada urutan kedua, dan  Institut Teknologi Bandung (ITB)  pada urutan ketiga.

    - Advertisement -

    Universitas Gunadarma yang sebelumnya menjadi satu-satunya universitas swasta yang masuk lima besar pada semester sebelumnya, kini harus turun ke peringkat 14.

    Pemeringkatan 4ICU ini dilakukan terhadap 11.160 perguruan tinggi dari 200 negara dan dipublikasikan pada setiap semester di bulan Januari dan Juli. Untuk Indonesia sendiri pemeringkatan universitas terpopuler dilakukan terhadap 383 perguruan tinggi.

    Adapun dalam pemeringkatan tersebut, 4ICU menggunakan algoritma dari lima web metric berbeda dari tiga search engines yang independen dan saling terpisah yaitu Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, Majestic Seo Referring Domains, Majestic Seo Citation Flow, dan Majestic Seo Trust Flow.

    Perguruan tinggi yang dinilai dalam pemeringkatan ini adalah perguruan tinggi yang diakui, terlisensi, dan terakreditasi oleh kementerian pendidikan di negaranya masing-masing, memiliki program sarjana dan atau pascasarjana, serta masih menggunakan metode tatap muka dalam proses pembelajaran.

    Berikut sepuluh besar universitas terpouler di Indonesia :

    1. Universitas Gadjah Mada
    2. Universitas Indonesia
    3. Institut Teknologi Bandung
    4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
    5. Universitas Kristen Petra Surabaya
    6. Universitas Padjajaran
    7. Universitas Brawijaya
    8. Universitas Sebelas Maret
    9. Universitas Diponegoro
    10. Universitas Sumatera Utara

    Laman 4icu ini dapat dibuka di http://www.4icu.org/id/

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here