More

    Buat Maba : Ini Tips Biar Nyaman di Kampus Barumu!

    Endah Kemala

    29 08 2013 eksis di kampus baruIni saatnya kamu menjadi mahasiswa baru (maba). Jadi Maba memang selalu bikin semangat sekaligus deg-degan. Ini karena sudah saatnya kamu mulai kehidupan menjadi manusia dewasa yang mandiri. Tapi, gak sedikit mahasiswa yang tidak tahan dengan tekanan kehidupan kampus. Akhirnya mereka malas kuliah dan menghabiskan hidupnya dengan main game di kosan, atau clubbing tiap malam buat ngabisin uang ortu. Dan ketika sadar, teman-teman angkatan mereka sudah mulai dengan tugas akhir dan skripsinya. Makanya, bikin nyaman diri kamu sejak hari pertama ngampus. Ini ni caranya!

    Perbanyak Teman

    - Advertisement -

    Di manapun kehidupan sosial itu sangat penting. Apalagi jika memiliki teman yang sangat nyambung dalam berbagai hal. Jangan takut mencari teman selama kuliah. Di sini, pertemanan gak akan lagi dilihat dari cantik atau cakepnya kamu, dan bagaimana kerennya penampilan kamu. Masa kuliah adalah masa kamu bersosialisasi dengan mencari teman-teman yang sepaham, sepemikiran dan nyaman. Di mana kalian akan sama-sama menjalani kehidupan untuk menuju kedewasaan dan kebebasan.

    Cari Kegiatan yang Menarik Perhatian

    Kuliah dan kuliah tentu membosankan. Biasanya di kampus, banyak sekali organisasi atau perkumpulan mahasiswa dengan kegiatan yang menyenangkan. Perkumpulan atau organisasi ini biasanya dibentuk atas dasar hobi yang sama, atau adanya kegiatan yang bisa menunjang kepentingan perkuliahan. Kamu bisa survei organisasi atau perkumpulan yang menarik perhatian kamu. Dengan bergabung bersama mereka, hidup kamu di kampus tentu akan di isi dengan banyak hal menarik.

    Bikin Agenda dan Targetan di Kampus

    Kalau kamu ingin lulus cepat, maka buatlah agenda dan targetan di kampus. Semuanya meliputi jadwal dan prioritas kamu ketika kuliah. Mulai dari kuliah, kegiatan di kampus, kegiatan di luar kampus, hingga Doi. Kamu harus bisa membagi waktu untuk semuanya. Dan tentunya, kamu harus punya targetan IP yang akan kamu peroleh tiap semester. Dimulai dari prediksi kamu akan berbagai nilai dari tiap mata kuliah. Misalnya nilai A harus kamu peroleh untuk tiap mata kuliah tertentu, nilai B untuk nilai minimal dari mata kuliah yang gak kamu sukai. Ini akan jadi motivasi kamu untuk rajin kuliah. Tentunya, kuliah kamu lancar dan kehidupan sosial di kampus juga bisa berjalan.

    Bikin Kreativitas yang Unik

    Kreativitas, ini yang bakal bikin kehidupan kampus kamu sangat asik dan berbeda. Kamu bisa mengumpulkan teman-teman yang memiliki hobi dan visi yang sama, untuk merencanakan kreativitas apa yang bisa dibuat bersama. Misalnya buku, film, robot, mesin daur ulang dan kreativitas apapun yang bisa mengasah skill dan menjadi wadah untuk mempresentasikan hasil belajar di kelas. Ini bakalan sangat seru dan tentunya sangat berguna bagi ilmu pengetahuan.

    Cari Kecengan

    Cinta dan gebetan. Itu tentu adalah hal yang paling menarik selama kuliah. Di kampus, kamu bakal ketemu kecengan yang gak lagi pake seragam, tapi dengan gaya doi sendiri. Adanya kecengan ini bisa bikin hari-hari kamu semakin berbunga selama di kampus. Alapagi kalau doi akhirnya gak hanya sekedar jadi gebetan.

    Pengalaman di kampus akan sangat seru selama kamu mau membuat ceritamu sendiri. Makanya, gak heran kalau saat ini banyak sekali film tentang kehidupan anak-anak kuliahan yang sangat laris di pasaran. Bisa jadi itu adalah ceritamu.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here