More

    UI Gelar Konferensi Internasional Bahas Kualitas Guru Bahasa Inggris di Indonesia

    Ahmad Fauzan Sazli

    JAKARTA, KabarKampus – Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) bekerjasama dengan Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) menggelar 60th Teflin Internasional Conference. Kegiatan ini dimulai hari ini, Selasa 27 Agustus hingga 29 Agustus 2013 di FIB UI, Depok.

    Teflin merupakan Asosiasi Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia yang berdiri sejak 1970. Pada konferensi yang ke 60 kali ini, Teflin mengusung  tema “Archieving International Standars in Teachers Education”

    - Advertisement -

    Sisilia Halimi, panitia acara mengatakan, bahwa tema tersebut berangkat dari keluhan masyarakat mengenai kualitas siswa dan mahasiswa dalam berbahasa Inggris, baik di Indonesia maupun berbagai negara lain di dunia.

    “Dimana guru seringkali dianggap sebagai pihak yang bertanggung jawab akan hal tersebut,” katanya.

    Karena itu, menurutnya, konferensi ini berfokus kepada sejumlah topik penting dibidang pendidikan dan pelatihan guru, serta pengembangan profesi guru. Selain itu topik lain yang dibahas adalah asesmen, kurikulum, metode dan teknik pengajaran, penggunaan teknologi, dalam kelas bahasa, dan isu-isu lain yang muncul dalam berbagai kelas keterampilan bahasa.

    Sejumlah akademisi dan professional terkemuka di bidang pengajaran bahasa turut hadir sebagai pembicara utama dalam seminar. Mereka diantaranya Dr. Grace Wiradisastra (UI), Prof. Dr. Jerry Gebhard (Indiana University of Pennsylvania, USA), Prof. Dr. John H.A.L. de Jong (VU University, Amsterdam), Professor Dr. Jayakaran Mukundandan (Universiti Putra Malaysia), Dr. Ikhsanudin (Universitas Tanjung Pura), Steven Gershon (J. F. Oberlin University, Tokyo), Prof. Dr. Paulina Pannen (Universitas Siswa Bangsa Internasional), dan sebagainya.

    Konferensi ini juga merupakan konferensi Teflin terbesar dalam satu dekade ini. Hal itu karena menghadirkan 25 sesi lokakarya dan 316 pembicara sesi presentasi paralel yang mayoritas adalah dosen dan pengajar bahasa Inggris di Indonesia, maupun negara lain seperti Amerika, Australia, Jepang, Korea, Filipina, Thailand, Malaysia, Singapura, dan lain-lain.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here