More

    Alasan Mahasiswa Jadi Gila Sosmed!

    Endah Kemala

    07 09 2013 alasan mahasiswa gila gadget

    Tidak dapat disangkal saat ini mahasiswa dan sosial media (sosmed) menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Perkembangan teknologi telah membuat ajang gaul dan sosialisasi berpindah melalui jaringan internet dan gadget. Ini memang sering banget jadi pertanyaan, apa yang membuat mahasiswa menjadi gila sosmed. Ini beberapa alasan ini bisa mewakili.

    - Advertisement -

    Eksistensi Diri

    Adanya sosial media membuat pergaulan kini berpindah tempat ke dalam sebuah ponsel, gadged, laptop atau tablet. Lihat saja para mahasiswa di kampusmu yang asik berkomunikasi lewat sosmed, padahal jarak dengan teman ngobrolnya hanya 1 m. Ini dikarenakan, sosial media telah menjadi wadah untuk gaul dan mengenal banyak orang. Gak mengenal orang-orang baru, tapi kamu juga bisa memberitahu banyak orang mengenai diri dan keseharian kamu dalam sosmed. Makanya, gak heran bila banyak banget penggila sosial media ini akan menuliskan jurnal keseharian atau sekedar upload foto ketika berada di kamar mandi.

    Keasikan jadi Detektif

    Salah satu sifat manusia adalah rasa ingin tahu yang sangat besar. Bahkan mengenai kehidupan seseorang yang “tersorot di kampusnya”. Jika tidak, maka gosip mengenai selebritis gak akan jadi berita yang paling dicari, walaupun akhirnya sang penulis dihujat. Nah, dari sosial media ini, kita akan tahu mengenai status senang atau galau seseorang. Dan kita bisa tahu bagaimana kehidupannya, apakah dia senang atau susah. Memang bukan urusan kita, tapi cuma buat sekedar tahu dan jadi bahan gosip.

    Mencari Cinta

    Saat ini sosial media juga sering dijadikan tempat untuk modus terhadap lawan jenis. Ini karena dengan lewat sosial media, pedekate dapat dilakukan kapan saja, dan sangat cocok untuk kamu yang pemalu dan tidak berani bertatap muka langsung dengan si doi. Selain itu, lewat jejaring sosial kamu bisa berkenalan dengan orang-orang baru, yang mungkin saja salah satunya bisa bikin status kamu jadi “In a relationship”. Nah, kalau yang ini, harap kamu berhati-hati.

    Penasaran Kabar Gebetan atau Mantan

    Adanya sang mantan dalam list perteman kamu di jejaring sosial tentu bisa bikin kepo untuk tau kabar doi sekarang. Terutama mengenai pacar barunya. Apalagi kalau kamu dan doi punya kisah manis yang sulit buat dilupakan. Selain itu, kalau kamu punya gebetan, tentu jejaring sosial adalah tempat mencari tahu semua hal tentang doi, terutama mengenai statusnya. Dan ini bisa bikin kamu gak sadar terus menjadi detektif hingga satu hari penuh.

    Nambah Jaringan

    Kalau kamu salah satu mahasiswa yang sadar akan manfaat dari jejaring sosial, tentu kamu akan memanfatkannya seefektif dan efesien mungkin untuk menambah jaringan. Terutama jaringan yang akan bermanfaat untuk masa depan kamu. Kamu bisa ikuti perkembangan terbaru lomba menulis di kompas, pembukaan beasiswa S2 ke luar negeri, atau untuk mencari pelanggan dari bisnis onlinemu. Selain itu, kamu juga bisa masuk grup beberapa komunitas kreatif dan mendapat banyak hal positif dari grup tersebut.

    Wadah Ekspresi Diri

    Sosial media juga dapat dijadikan sebagai wadah ekspresi diri. Terutama buat kamu yang suka dengan tulisan, foto, lukisan ataupun karya lainnya. Di sosial media inilah, kamu bisa memperlihatkan hasil karya-karyamu kepada khalayak umum. Memang agak sedikit pamer, tapi di sini kamu bisa melihat respon orang-orang, apakah karyamu menarik minat mereka atau tidak. Selain itu, bisa saja kan karyamu dilirik oleh orang-orang dari media masa atau perusahaan yang bergerak dalam bidang kreatif.

    Gimana, ada alasan lain kenapa kamu jadi gila sosmed? []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here