More

    Awas, Penipu Menyasar Mahasiswa Baru Unpad Lewat SMS

    19 09 2013 penipuan lewat smsJATINANGOR, KabarKampus—Sejumlah mahasiswa Ilmu Keperawatan Unpad angkatan 2013 hampir ditipu oleh seorang tak dikenal yang mengaku sebagai dekan. Orang tersebut mengirimkan short message service (sms) yang mengatakan calon korban terpilih mewakili Unpad dalam seminar nasional.

    “Saya dan beberapa teman mendapat SMS, dia mengaku sebagai Dekan. Tapi setelah kami konfirmasi, Dekan mengatakan tidak pernah mengirimkan SMS itu,” ujar seorang mahasiswa yang tidak bersedia disebutkan namanya.

    Bunyi sms itu adalah “Sy Bpk Kusman Ibrahim (Dekan Keperawatn Unpad)Yth.(nama mahasiswa).Diminta Hbngi Skrng Bpk Prof.Dr.Ganjar Kurnia.0816954672.Anda Di Tunjuk Mewakili Unpad Hadir Dlm Seminar Nasional Peningktn Karakter Penelitian Ilmu Keperawatan Dari Dikit Tgl 25/26 Sept di Htl Brbdr Jkt. Trims“.

    - Advertisement -

    Untunglah aksi peniput tersebut tidak menelan korban.

    Lantas bersama 7 orang lainnya, mahasiswa Ilmu Keperawatan itu melapor ke Humas Unpad, Kami sang (19/09/2013). “Ini adalah upaya penipuan,” ujarnya lagi seperti dikutip Humas Unpad. Mereka berharap kejadian ini diwaspadi jangan sampai mahasiswa lain tertipu.

    Pihak Humas Unpad menjelaskan modus penipuan undangan seminar seperti ini sering terdengar. Setelah mengirim SMS, penipu biasanya meminta calon korbannya untuk menelepon seseorang. Nanti orang ini akan mengatakan bahwa dana telah dikirimkan ke rekening calon korbannya, padahal tidak pernah ada dana yang dikirim. Saat calon korban menelepon kembali untuk menanyakan mengapa tidak ada dana yang diterima, barulah penipu menjalankan aksi utamanya.

    “Jika ada informasi yang meragukan, silakan konfirmasikan ke pihak terkait atau ke Humas Unpad. Jangan sampai menjadi korban penipuan. Silakan hubungi Humas Unpad di nomor telepon (022) 842-88888 atau email [email protected],” ujar staf Humas Unpad. Dra. Wati Sukmawati. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here