More

    Calon Pemimpin Masa Depan dari 4 Negara ikuti Leadership Camp di UI

    Ahmad Fauzan Sazli

    ILC 2013

    DEPOK, KabarKampus – Universitas Indonesia menggelar Indonesia Leadership Camp – Nusantara Leadeship Camp (ILC – NLC) 2013. Kegiatan tahunan ini digelar di kampus UI selama lima hari dari tanggal 4 – 8 September 2013.

    - Advertisement -

    Peserta tahun ini, selain diikuti oleh 100 mahasiswa terbaik di seluruh Indonesia. ILC – NLC diikuti 30 mahasiswa berprestasi dari 4 negara, yakni Brunei Darussalam, Malaysia, dan Thailand, dan Philipina.

    Pelaksanaan ILC pada tahun ini merupakan hasil kolaborasi Direktorat Kemahasiswaan UI, Institute of Leadership Development (ILeaD) UI dan Sekretariat Transformasi Serantau (STS) Malaysia. Untuk memperluas networking, terutama dengan negara-negara yang berada di kawasan AsiaTenggara.

    ILC melakukan ekspansi lingkup kepesertaan dimana tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Indonesia yang lolos seleksi (CV,Esai dan proposal project) tetapi juga diikuti oleh mahasiswa berpretasi dari Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand.

    Ada pun rangkaian kegiatan ILC – NCL 2013 ini diantaranya Seminar Nusantara “Refleksi Sejarah dan Kepemimpinan Nusantara” ; Softside Leadership Development Training “Think and Act, Talkshow “Nasional and Global Challenges in Todays World (dihadiri oleh Mohd Ezam Nor – Senator Malaysia, Dr. Shofwan Albana Choiruzzad dan Agus Martowardjojo – Gubernur BI) dan sebagainya.

    ILC merupakan program tahunan berbasis leadership training sebagai bagian dari Indonesia Leadership Development Program (ILDP) – sekarang berubah nama menjadi Institute of Leadership Development (ILeaD) – yang bernaung dibawah Direktorat Kemahasiswaan UI, namun sejak awal 2013 ILeaD menjadi organisasi mandiri.

    Diharapkan melalui kegiatan ini, para mahasiswa dapat menyalurkan sumbangsihnya bagi pembangunan berkelanjutan bangsa dari lingkup terkecil yang dapat mereka jangkau serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata ketika kembali ke daerah masing-masing.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here