More

    Cari Lulusan Terbaik, 25 BUMN Gandeng UGM

    Ahmad Fauzan Sazli

    pabrik petrokimia gresik01

    Ilustrasi  Pabrik Petrokimia Gresik. FOTO : fitrianp.worldpress.com

    - Advertisement -

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM menjalin kerjasam dengan 25 Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kerjasama tersebut  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa UGM dan ajang mencari lulusan terbaik UGM untuk BUMN.

    Adapun BUMN tersebut adalah antara lain Pertamina, Perum Perhutani, Pupuk Kaltim, Telkom, Perkebunan Nusantran II, III, V,  IX, X, dan XII, Pupuk Sriwidjaya, Petrokimia Gresik, Perum Bulog, Bukit Asam, dan Pupuk Kujang,  ASDP, Petrokimia gresik, Semen Indonesia dan Aneka tambang.

    Muhammad Zamkhani, Deputi Bidang Usaha Industri Primer, Kementerian BUMN mengatakan,  ide untuk melakukan kerjasama FEB dengan 25 BUMN tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi BUMN dan FEB dalam memanfaatkan peluang kerjasama yang saling memberikan manfaat satu sama lain.

    “Idenya sederhana, bagaimana mahasiswa menjelang lulus,bisa magang di BUMN,” katanya.

    Menurut Zamkhari,  magang bagi mahasiswa menjadi hal yang penting dalam dunia yang nyata. Sementara bagi BUMN, mereka juga membutuhkan lulusan terbaik.

    Selain magang, menurut Zamkhani, mahasiswa juga mendapat pengalaman lewat kuliah langsung dari CEO BUMN.

    “Saat saya sekolah S2 di luar negeri, banyak CEO yang mengajar. Kami mengajak teman di BUMN juga bisa berbagi pengetahuan bidang gas, perkebunan, pertanian, yang bisa memunculkan inspirasi mahasiswa ke depan mau kemana,” ujarnya.

    Sementara itu, Dr. Anggito Abimayu Dosen FEB UGM mengatakan, investasi dalam pengembangan sumber daya manusia tidak bisa didapatkan dalam tempo 1-2 tahun, namun didapatkan manfaatnya setelah 5-10 tahun mendatang.

    Ia sependapat jika BUMN merekrut dan memantau langsung calon lulusan terbaik. Menurutnya, banyak anak muda mayoritas bekerja di bidang keuangan karena tidak diberi kesempatan untuk masuk ke BUMN.

    “Jadi tidak salah BUMN melakukan investasi pendidikan dengan merekrut lulusan terbaik bekerja di BUMN,” jelasnya.

    Penandatanganan memorandum of agreement (MOA) bidang pengembangan sumber daya manusia ini dilakukan oleh Dekan FEB dengan 24 Dirut/Direktur BUMN di Kampus UGM, Sabtu, 21/09/2013 Kemarin.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here