More

    Kebiasaan Berkendara di Jalan Tol yang Bisa Menyebabkan Kecelakaan

    Endah Kemala

    19 09 2013 kecelakaan tolKecelakaan lalu lintas di jalan tol kerap kali terjadi. Tragedi ini bisa menimpa siapa pun, termasuk kamu yang mudah terpancing emosi atau yang suka balapan bersama teman-teman. Berikut ini beberapa kebiasaan yang harus kamu hindari ketika berkendara, terutama di jalan tol.

    Balapan dengan Teman

    - Advertisement -

    Punya kebiasaan ini? Hilangkan saat ini juga. Biasanya, ketika membawa mobil secara beriringan, akan terjadi ajang pamer kecepatan dan saling ejek. Kemudian terjadilah balapan itu. Apalagi jalan tol yang sepi ketika tidak macet di malam hari, membuat suasana kebut-kebutan menjadi semakin asik.

    Gampang Terpancing Emosi

    Paling mengesalkan ketika memasuki gerbang tol adalah mobil ugal-ugalan yang sembarangan menyerobot. Seringnya ini dilakukan para supir kontainer atau pick up barang yang ingin cepat sampai mengantar barang. Ada juga remaja kaya dengan mobil super keren, yang tampak ingin pamer. Dan mereka gak perduli mobil kita akan terserempet atau tidak. Apalagi jika keadaan jalan lumayan macet. Ini tentu bikin bête dan naik darah. Akhirnya terpancinglah kamu untuk balas menyerobot. Pertengkaran di jalan pun akan tidak terhindari. Jika sudah sama-sama emosi, maka yang terjadi adalah jika kalian tidak berhenti dan berkelahi di jalan, maka akan terjadi ajang saling salib dan serempet mobil yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan beruntun.

    Mesra-Mesraan dengan Doi

    Berdua dengan doi memang serasa memabukan. Apalagi di jalan tol yang sedang macet. Nah, jika sudah begini, biasanya banyak anak muda yang mencuri kesempatan bermesraan di kala macet. Bahkan, pada saat melaju dengan kecepatan tinggi, doi akan sangat menjadi sangat menggemaskan ketika menyubit-nyubit pinggangmu. Konon, mencuri kesempatan bermesraan di dalam mobil sangat seru dan mengguncang adrenalin. Tapi gak akan seru lagi jika mobil kamu nabrak, karena kosentrasi menjadi terbagi.

    Bercandaan dengan Teman

    Biasanya ketika sedang bepergian bersama teman, candaan gak akan bisa dihindari. Saling ejek dan melempar barang, kemudian tertawa terbahak-bahak. Hati-hati, becanda yang berlebihan bisa bikin kamu hilang konsentrasi.

    Nyetir sambil update status

    Simpanlah dulu semua peralatan gadget, fokuslah ke jalan raya. Soal up date status di sosial media bisa kamu lakukan sebelum menyetir mobil. Kalau pun ngebet banget, minta bantuan teman atau selingkuhan untuk up date status. Percayalah dunia tak menunggu status kamu.

    Tren Foto Speedometer

    Ini dia tren gila yang sering dilakukan anak muda jaman sekarang karena maraknya sosial media, memotret speedometer ketika melaju dalam kecepatan sangat tinggi, dan memamerkannya di sosial media. Kejadian ini pernah berbuntut korban. Salah satunya adalah kecelakaan yang pernah terjadi di Tol Cipularang oleh remaja 18 tahun pengemudi Nissa Juke yang melaju dengan kelajuan di atas 140 km/jam. Kecelakaan terjadi setelah ia memamerkan foto speedometernya di sosial media. Kini pengemudi telah mendapat hukuman 1 tahun penjara. Penasaran? Coba saja ketik dengan hashtag “#speedometer”. Nanti kamu bisa lihat sendiri.

    Gak ada salahnya belajar dari kesalahan banyak remaja lalai yang telah menjadi penyebab kecelakaan dalam berkendara. Maka, berhati-hatilah dalam berkendara! []

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here