More

    Kemenangan Indonesia di AFF U-19, Hapuskan Dahaga Juara Selama 22 Tahun

    Ahmad Fauzan Sazli

    indonesia pantas juara

    Ilustrasi / liga-Indonesia.org

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Setelah menunggu selama 22 tahun Indonesia akhirnya mampu menjadi juara tingkat Asean. Timnas Indonesia U-19 berhasil menjadi juara Piala AFF U-19.

    Kemenangan Indonesia atas Vietnam ini menghapus kerinduan pendukung Indonesia akan gelar juara. Timnas Indonesia terakhir kali mampu merebut medali emas pada SEA Games Manila 1991.  Kala itu Timnas Indonesia sukses di final menekuk favorit juara Thailand lewat adu penalti 4-3.

    Selama 22 tahun, tim Indonesia selalu rontok di tengah jalan dan masih kalah kelas dalam persaingan Asia bahkan region Asia Tenggara. Namun, harapan itu kini muncul kembali dengan kemenangan Timnas U-19 ini.

    Kali ini dalam partai puncak piala AFF U-19, Indonesia menaklukan Vietnam lewat adu penalti di Stadion Gelora Delta Sidoharjo, Minggu malam, (22/092013). Adu penalti dilakukan setelah selama 120 menit Indonesia  tak mampu menaklukan Vietnam.

    Pada awal pertandingan, kedua tim tampil saling menyerang. Keduanya juga disipilin dalam pertahanan. Dan kedua kubu juga kesulitan membuat peluang.

    Namun tim Vietnam tampil lebih lepas dan mampu menyulitkan timnas Indonesia di babak pertama.  Bahkan Vietnam punya peluang lewat tendangan Pham Duc Huy dan tendangan keras Nguyen Cong Phuang. Namun dapat diantisipasi oleh Ravi Murdianto, kiper Timnas Garuda.

    Diparuh kedua Indonesia bermain Agresif  dan menekan. Pada menit ke 77, Indonesia memperoleh peluang melalui tendangan bebas Hendra Sandi, namun kesempatan itu  mampu ditepis Le Van Truong, kiper Timnas Vietnam.

    Hingga pertandingan waktu normal usai. Skor imbang tak mengalami perubahan. Pada babak tambahan, kedua kesebelasan meningkatkan serangannya. Indonesia memiliki dua peluang beruntun dari Maldini dan Dimas Drajad, namun lagi-lagi mampu diantisipasi oleh Van Truong.

    Akhirnya Indonesia merebut kemenangan melalui adu finalti. Ilham udin menjadi penentu Indonesia setelah tendangannya gagal diantisiapasi kiper Vietnam. Indonesia meraih gelar juara setelah memenangi adu penalti dengan skor 7 : 6.

    Selamat buat Timnas U-19 Indonesia.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here