More

    Tips Menghindari Pelecehan Seksual di Sosmed

    Endah Kemala

    08 09 2013 pelecehan seksual di sosmedSosial media (sosmed) saat ini memang menjadi sarana yang dirasa paling efektif dan menjadi favorit banyak orang untuk bersosialisasi. Akan tetapi berhati-hatilah, terutama buat kamu para mahasiswi. Pelecehan bisa berupa komen-komen, mengkopi foto kamu lalu dibuat akun palsu seolah-olah kamu cewek murahan, bahkan kasus pemerkosaan.

    Hal ini terjadi karena banyak wanita muda yang mudah tertipu ketika berkenalan lewat jejaring sosial. Untuk itu, kamu sendiri harus mulai untuk mawas diri dari sekarang dan mengamankan akunmu. Cara berikut mungkin bisa membantu.

    - Advertisement -

    Jangan Sembarangan Menerima Ajakan Pertemanan

    Seringkali para mahasiswi mudah menerima ajakan pertemanan dari pria tak dikenal, terutama yang foto profilnya terlihat kece. Lebih baik batasi pertemananmu dari sekarang. Jangan takut dianggap sombong, karena ini untuk perlindungan dirimu sendiri. Dan ingat untuk selalu mengecek profil dari orang yang mengajak berteman. Apakah ada kejanggalan atau keanehan.

    Gunakan Fitur Privasi Akunmu

    Gunakan fitur privasi agar fotomu tidak dapat diunduh orang lain. Hati-hati, jangan sampai kamu menemukan akun aneh dengan image “cewek murahan” yang menggunakan foto-fotomu.

    Jangan Upload Foto yang Mengundang

    Kebanyakan mahasiswi suka berfoto ria dan mengupload semua foto-fotonya. Bahkan di dalam kamar mandi atau kamar tidur sekalipun. Tidak sedikit bahkan yang berfoto dengan pakaian minim, dengan memakai tank top atau selembar handuk, dan dengan pose yang “mengundang”. Mungkin niat kamu agar terlihat menarik di mata lawan jenis. Namun sadarilah pose tersebut “mengundang” bahaya dari laki-laki hidung belang.

    Ganti Pasword Secara Berkala

    Lebih baik ganti akunmu minimal sebulan sekali. Ini untuk mengantisipasi jika akan ada orang iseng yang berniat untuk meng-hack akunmu.

    Jangan Ceritakan Kehidupan Pribadimu di Media Sosial

    Berhati-hatilah dalam membuat status, jangan mengumbar kehidupan pribadimu. Terutama kegiatan dan di mana keberadaanmu saat ini. Tentu sangat membahayakan apabila ada orang yang berniat jahat kepadamu.

    Jadi, lebih baik kamu mengantisipasi diri dari sekarang. Jangan tunggu hingga pelecehan terjadi, dan kamu menjadi trauma berkepanjangan.[]

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    1. sosmed memang begitu populernya di kalangan anak remaja sekarang, bahkan pernah denger ada anak remaja menjual diri via fb.. yah, mudah2an dgn tips ini, para remaja bisa lebih mengerti ya..

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here