More

    UI Dirikan Rumah Sakit Pendidikan

    Ahmad Fauzan Sazli

    02 07 2013 ilustrasi kampus ui

    JAKARTA, KabarKampus – Universitas Indonesia (UI) mendirikan Rumah Sakit Pendidikan UI di kampus UI, Depok, Senin, (30/09/2013). Peresmian RSP UI ini dihadiri oleh Muhammad Anis, M.Met, Rektor UI bersama Muhammad Nuh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dan perwakilan dari Japan International Cooperation (JICA).

    - Advertisement -

    Lokasi Rumah Sakit berada gedung Fakultas IlmuKeperawatan yang lama di kampus UI. RSP ini akan dibangun dengan luas bangunan 74.043 m2 dengan 14 lantai, 250 kamar yang terdiri dari 1/3 kamar kelas satu (VIP), 1/3 kamar kelas dua dan 1/3 kamar kelas tiga.

    RS. Pendidikan UI merupakan Rumah sakit pendidikan pertama di Indonesia yang mengakomodasi konsep patient safety serta berakreditasi internasional. Patient safety merupakan konsep baru dari dunia kedokteran yang memperhatikan sistem konstruksi, tata letak ruangan, penggunaan material bangunan serta pengaturan alur pasien infectious dan pasien non infectious.

    Sebagai rumah sakit pendidikan, rumah sakit ini akan terintegrasi dengan kegiatan belajar mengajar mahasiswa di fakultas Rumpun Ilmu Kesehatan, seperti Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Farmasi, dan Kesehatan Masyarakat (inter-professional education).

    Untuk itu, Rumah sakit ini akan dilengkapi ruang observasi bagi para mahasiswa tanpa mengganggu kenyaman pasien. Selain itu, gedung RS juga akan dilengkapi infrastruktur teknologi yang mendukung mahasiswa memantau tindakan medis secara live di ruang kelas (atas ijin pasien). Jembatan penghubung antar RS dengan gedung fakultas RIK juga akan dibangun untuk mendukung model integrasi tersebut.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here