More

    ALVION 2013 Tantang Mahasiswa Selesaikan Masalah Bangsa Lewat Mobile Application

    Ahmad Fauzan Sazli

    Alvion 2013JAKARTA, KabarKampus – Bina Nusantara Computer Club kembali menggelar Alpha Innovation (ALVION) di kampus Binus. Kegiatan ini merupakan acara kompetisi tahunan di bidang teknologi informasi berskala nasional.

    Kali ini ALVION 2013 mengusung tema “Technology for Indonesian Future”. Dengan tema ini BNCC dan Binus mengharapkan munculnya aplikasi-aplikasi yang dapat membantu menyelesaikan masalah bangsa.

    - Advertisement -

    Ajang kompetisi Mobile Application ini menargetkan peserta dari perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Adapun total hadiah yang ditawarkan mencapai 25 juta rupiah.

    Rangkaian acara ALVION 2013 terbagi dalam beberapa bagian. Rangkaian pertama adalah Kompetisi. Tahap ini dimulai sejak pendaftaran kompetisi dibuka. Peserta yang mendaftar membuat atau mengajukan karya aplikasi yang bertemakan IT dan solusi masalah  di Indonesia, seperti macet, banjir, dan lainnya.

    Kompetisi ini terdiri dari 2 tahap, yaitu, Kualifikasi. Pada tahap ini, peserta membuat dan mendaftarkan konsep dan prototype aplikasi melalui situs resmi ALVION 2013. Setelah mengumpulkan konsep dan prototype, juri akan menyeleksi hasil aplikasi telah dibuat. Dari semua konsep yang dikumpulkan akan dipilih 8 tim yang terbaik untuk didatangkan ke Universitas Bina Nusantara di Jakarta.

    Selanjutnya adalah Final. Tahap ini merupakan tahap penentuan pemenang. Para peserta yang melewati babak kualifikasi akan melalui tahap presentasi ke dewan juri. Kemudian akan ada sesi voting secara offline dan online untuk menentukan pemenang.

    Kemudian, peserta yang melewati babak kualifikasi dan mencapai babak final akan mengikuti pameran di Kampus Anggrek Binus University. Pada pameran ini setiap peserta akan menunjukkan hasil karyanya di stand masing – masing.

    Dengan berbagai rangkaian acara ini diharapkan ALVION 2013 membantu menyalurkan para developer aplikasi mobile ke pihak – pihak yang berkaitan, dan juga membantu para mahasiswa lebih memahami platform android.

    Bagi mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti kompetisi ini, pendaftaran peserta sudah dibuka hingga tanggal 25 oktober 2013. Kompetisi ini hanya diperuntukan kepada mahasiswa S1 dan D3 dari seluruh perguruan tinggi Indonesia. Peserta bisa terdiri dari 1 orang atau 2 orang dalam satu tim. Ajang ini tidak dipungut biaya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here