More

    HMI MPO Tolak Myanmar Sebagai Ketua ASEAN

    Ahmad Fauzan Sazli

    logo-asean (1)JAKARTA, KAbarKampus – Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI MPO) menolak terpilihnya Myanmar sebagai ketua ASEAN. Mereka menganggap Myanmar masih diskriminatif dan membiarkan kekerasan terjadi kepada warganya.

    Menurut Abdul Gofar, Ketua Komisi Hubungan Internasional PB HMI MPO, bahwa mereka menolak kepemimpinan Myanmar sebagai pemimpin ASEAN karena pemerintah Myanmar sendiri telah melanggar prinsip utama terbentuknya ASEAN. Myanmar telah membiarkan konflik dan pembantaian etnis di negaranya.

    - Advertisement -

    Menurut Gofar, lebih dari setahun konflik sektarian di Myanmar terjadi, ribuan warga etnis Rohingya mengalami tindakan kekerasan dari warga etnis lain. Konflik tersebut seolah dibiarkan oleh pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Thein Sein.

    “Pembiaran itu sangat bertentangan dengan tujuan dan prinsip-prinsip utama terbentuknya ASEAN dalam menciptakan perdamian,” kata Gofar, Senin, (14/10/2013).

    Ia menyatakan, bahwa sikap pemerintah Myanmar tersebut sangat diskriminatif terhadap etnis Rohingya. Mereka telah membiarkan pembantaian terjadi bahkan terkesan mendukung adanya konflik tersebut.

    “Sehingga ketika ASEAN dipimpin oleh negara yang sudah tidak sejalan dengan tujuan dan Prinsip Utama ASEAN perlu untuk di koreksi ulang,” lanjutnya.

    Dalam kesepatan ini, Abdul Gofar berharap Indonesia sebagai negara pendiri dan anggota ASEAN seharusnya lebih peka terhadap kondisi regional ASEAN dengan bersikap tegas untuk menolak kepemimpinan Myanmar sebagai Pemimpin ASEAN. Imbas konflik etnis di Myanmar kini Negara-negara ASEAN harus menangani ribuan pengungsi yang mencari suaka.

    Pertemuan KTT ASEAN 2013 yang berlangsung di Brunei Darussalam, Kamis, 10/10/2013. Dalam pertemuan itu mereka mengukuhkan pucuk Pimpinan ASEAN ke Myanmar yang sebelumnya dipegang oleh Brunei Darussalam.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here