More

    Ini Alasan Mereka Yang Ingin Kuliah Ke Eropa

    Ahmad Fauzan Sazli

    12 10 2013 EHEF 2013 02

    Antusias pengunjung pameran pendidikan Uni Eropa di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu, (12/10/2013). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Hari pertama Pameran Pendidikan Uni Eropa (EHEF) di Jakarta ramai oleh pengunjung. Terlihat hampir seluruh stand yang mengikuti pameran ini penuh oleh pengunjung. Bahkan di beberapa stand pengunjung terlihat mengantri.

    Salah satunya adalah Elaine, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Pada pameran tersebut Elaine sedang mencari jurusan spesialis dokter kulit di stand Jerman.

    “Saya hanya ingin mengambil jurusan kedokteran di Jerman. Seperti yang banyak orang tau, Jerman merupakan pusat ilmu kedokteran,” katanya di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu, (12/10/2013).

    Menurutnya, pendidikan kedokteran di Jerman, lebih terintergasi. Tidak hanya teori namun langsung praktek. “Senior saya ada juga yang telah berhasil  mengambil jurusan kedokteran di Jerman,” katanya.

    Selain itu adal Lila, lulusan Universitas Kristen Satya Wacana. Saat itu Lila sedang sibuk mencari jurusan pendidikan di stand Inggris.

    “Saya ingin melanjutkan S2 jurusan pendidikan di Inggris,” katanya.

    Menuru Lila yang sehari-hari mengajar di Universitas Satya Wacana, bahwa kampus terbaik jurusan pendidikan ada di London. “Sebenarnya saya sudah mencari di Internet, di sini saya ingin memastikan lagi apa yang disebutkan di internet,” kata Lila yang sengaja datang dari Sala Tiga ini.

    “Saya sudah mengincar University Of London. Namun saya berharap dapat kuliah ke sana dengan jalur beasiswa full,” jelasnya

    Sementara itu, Rolf Maruli Damanik, mahasiswa  Teknik Industri UI mengatakan, bahwa ia sedang mengincar S2 Perguruan Tinggi di Belanda. Ia berencana melanjutkan S2 jurusan Teknik Indoustri di sana.

    “Kuliah teknik di Belanda Bagus. Yang jelas dosen dan kualitas pendiddikan di sana jauh lebih baik,” jelas Maruli.

    Pameran Pendidikan Uni Eropa 2013 ini merupakan yang kelima kalinya digelar di Indonesia. Dalam pameran ini terdapat 115 perguruan tinggi dai 15 negara di Eropa turut ambil bagian.

    Saat ini terdapat peningkatan jumlah mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Eropa.  Tahun ini mahasiswa yang berangkat ke Eropa sebanyak 4000 mahasiswa. Sementara jumlah mahasiswa seluruhnya yang ada di Eropa sebanyak 7000 mahasiswa.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here