More

    Job Fair Nasional Berikan Peluang Untuk Penyandang Disabilitas

    Ahmad Fauzan Sazli

    ekohasan.blogspot.com
    ekohasan.blogspot.com

    JAKARTA, KabarKampus – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di Indonesia pada bulan Febuari 2013 mencapai 7.17 juta orang. Dari tingkat pendidikan, pengangguran untuk tingkat Sarjana mencapai 4 ribu orang. Sementara lulusan D3 sebanyak 192 762 orang. Sisanya adalah dari lulusan SD, SMP, SMA dan tidak sekolah.

    Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi adalah menyelenggarakan Pameran Bursa Kerja (Job fair) Nasional yang telah digelar di Hall C JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat pada 04 – 05 Oktober 2013 lalu. Kegiatan ini terbuka gratis bagi masyarakat.

    - Advertisement -

     Liliek Setyarini, Kepala Sub Direktorat Bursa Kerja Kemnakertrans RI, mengatakan, kegiatan Job Fair yang ke 11 ini diikuti sekitar lebih dari 112 perusahaan dengan total sebanyak 3326 lowongan kerja dalam job fair nasional. Selain itu, secara teknis penyelenggaraan tahun ini pun akan lebih memudahkan para pencari kerja dalam menemukan perusahaan-perusahaan idamannya dengan pembagian zoning sektor pekerjaan.

    “Dari mulai otomotif, migas, kesehatan, elektronika, asuransi, perbankan, konstruksi, hotel dan restoran, properti dan retailer,” katanya.

    Menurutnya, sebagai komitmen pemerintah dalam memperbesar peluang penyerapan tenaga kerja khusus penyandang disabilitas, Kemnakertrans mengadakan pameran hasil karya para penyandang disabilitas.

    Sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam UU No. 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat dan Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 1998 tentang Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial bagi Penyandang Cacat.  Dimana pemerintah menyerukan kepada para pelaku usaha untuk merekrut minimal sebanyak satu orang penyandang disabilitasdari dari setiap perusahaan yang mempekerjakan 100 orang tenaga kerja.

    Liliek berharap, melalui pameran ini, akan lebih banyak perusahaan yang ikut serta memberikan peluang untuk tenaga kerja khusus penyandang disabilitas.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here