More

    Kecepatan Internet Indonesia Masih Tertinggal di ASEAN

    Ahmad Fauzan Sazli

    18 10 2013 Indonesia Sumber Internet Terendah di Asia

    JAKARTA, KabarKampus – Koneksi internet di Indonesia mengalami perbaikan yang cukup signifikan. Dari laporan The State of The Intenet yang yang dirilis Akamai menyebutkan, bahwa kecepatan Internet rata-rata internet di Indonesia kuartal kedua 2013 adalah 1,7 Mbps.

    - Advertisement -

    Angka ini naik lebih dari dua kali lipat ketimbang periode yang sama setahun yang lalu. Meskipun demikian, untuk negara-negara yang diperhitungkan di kawasan Asia Pasifik, angka ini hanya bersaing dengan Vietnam, Filipina dan India.

    Seperti yang dilansir dari laman DailySocial, Kamis, (17/10/2013) di Asia Pasifik sendiri, kecepatan tertinggi untuk koneksi rata-rata dicapai oleh Korea Selatan dengan 13 Mbps, diikuti oleh Jepang dengan 12 Mbps dan Hong Kong dengan 10,8 Mbps.

    Sementara di wilayah Asia Tenggara, Singapura menjadi negara dengan rata-rata kecepatan koneksi Internet tercepat yang mencapai 6,5 Mbps, diikuti oleh Thailand 4,5 Mbps, dan Malaysia 3,1 Mbps. Indonesia dan Vietnam setara pada 1,7 Mbps, Vietnam 1,6 Mbps.

    Namun jika dilihat dari rata-rata kecepatan tertinggi yang dapat dicapai oleh negara-negara di Asia Tenggara, Indonesia termasuk yang paling rendah dengan hanya 11,3 Mbps. Vietnam 14,1 Mbps, Filipina 16 Mbps, Malaysia 26,6 Mbps, Thailand 33 Mbps, Singapura 45 Mbps.

    Namun yang dapat menjadi catatan adalah lonjakan kepemilikan layanan Internet dengan kualitas 4 Mbps atau lebih yang mencapai 3,2% atau meningkat 4 kali lipat dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here