More

    Mahasiswa UNY Dirikan Warung Kejujuran

    Ahmad Fauzan Sazli

    23 10 2013 UNY Buka Warung Kejujuran

    Warung Kejujuran UNY. FOTO : UNY

    - Advertisement -

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mendirikan Warung Kejujuran di kampus UNY, Yogyakarta. Warung Kejujuran ini terletak di lobi lantai 1 Gedung Kuliah I (GKI).

    Warung Kejujuran  digagas oleh empat mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (BSI) angkatan 2012. Mereka adalah Ledy Sera Noviana, Prisna Eka Rahmawati, Jayanti Madiasari, dan Arditasari Kulonprogo.

    Ide untuk membuka warung kejujuran terinspirasi dari mahasiswa penempuh mata kuliah kewirausahaan. Saat pertama buka, warung ini hanya bermodalkan lima puluh ribu rupiah.

    Namun dibukanya warung warung kejujuran ini bukan tak mendapat tantangan,  pasalnya barang dagangan di warung kejujuran ini kerap hilang. Karena itu setiap jeda perkuliahan mereka harus mengontrol barang dagangan.

    “Jadi kadang kami tak selalu memperoleh keuntungan,” jelas Prisna.

    Kerugian yang mereka alami, tak membuat empat mahasiswa ini menutup warung.  Justru bagi empat mahasiswa ini, hal itu merupakan tantangan yang harus mereka hadapi, karena memang tidak semua orang jujur.

    Meski demikian, warung kejujuran yang mereka rintis tetap menuai keuntungan hingga ratusan ribu rupiah per minggu. Bahkan untuk mencukupi kebutuhan perkuliahan seperti buku, foto copy, dan lain-lain sudah mampu mereka cukupi sendiri tanpa menunggu pemberian dari orang tua.

    Bahkan Prisna Eka Rahmawati mengaku uang penghasilan berjualan di warung kejujuran itu tengah ia sisihkan untuk membeli laptop. Hal serupa pun diakui oleh Ledy Sera Noviana, saat ini ia bahkan membayar tagihan kos tanpa merepotkan kedua orang tuanya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here