More

    Puluhan Komunitas Ramaikan Festival Taman Jakarta

    Ahmad Fauzan Sazli

    19 10 2013 Festival Taman Jakarta

    Aktivitas anak-anak dalam kegiatan Festival Taman Jakarta di Taman Cattleya, Jakarta, Sabtu, 19/10/2013. FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Tak banyak orang yang tahu dengan Taman Cattleya di Jakarta. Taman ini terletak persis di perempatan Tomang di depan Mall  Taman Anggrek, Grogol Jakarta Barat.

    Selain luasnya mencapai tiga hektar, di dalamnya pun banyak ditumbuhi pohon-pohon, sehingga taman ini terlihat rindang. Namun sayang taman ini sepi dari aktifitas masyakarat.

    Prihatin dengan sepinya aktivitas di taman tersebut, Komunitas Peta Hijau menggelar Festival Taman Jakarta 2013. Kegiatan ini mengumpulkan masyarakat dan komunitas di lahan hijau tersebut.

    Bayu Wardhana, Ketua Panitia mengatakan, bahwa taman Cattleya merupakan taman yang bagus dan rindang. Namun taman ini sepi. Relawan mereka saja yang rumahnya berada tak jauh dari taman tersebut tidak mengetahui keberadaan taman ini.

    “Untuk itu kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa ada taman bagus di Jakarta, kata Bayu di acara Festival Taman, Jakarta, Sabtu, (19/10/2013).

    Padahal, menurutnya, minat masyarakat akan taman di Jakarta itu tinggi. Seperti Taman Menteng dan Taman Suropati yang selalu ramai oleh aktivitas masyarakat.

    “Dengan kegiatan ini, kami berharap komunitas dan masyarakat dapat membuat kegiatan di sini,” kata Bayu.

    Sementara itu Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta menyayangkan sepinya aktifitas di taman tersebut. Padahal di Jakarta ini banyak taman.

    “Gagasan taman ini bagus. Mulai Jauari tahun depan kita akan buat festival Taman di Jakarta,” kata Jokowi saat meninjau acara tersebut.

    Ia menjelaskan, bahwa pemerintah hanya memulai saja. Sementara masyarakat yang melanjutkan. Jokowi berharap masyarakat dapat memanfaatkan taman untuk rekreasi, olah raga, dan sebagainya.

    Kegiatan Festival Taman ini melibatkan 45 komunitas. Mereka antara lain Komunitas Historia Indonesia, Himpunan Astronomi Amatir Indonesia, Parkour Indonesia, Indonesia Berseru, Komunitas Weekend tanpa ke mall, masyarakat komik Indonesia, dan sebagainya.

    Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 19 – 20 Oktober 2013. Selama acara berlangung, panitia menggelar sejumlah permainan untuk anak-anak, workshop, dan sebagainya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here