More

    Sambut Komunitas ASEAN 2015, UMM Gandeng Kampus Malaysia

    Ahmad Fauzan Sazli

    Universitas muhammadiyah malang

    Pembantu Rektor III UMM Dr Diah Karmiyati, MPsi (tengah) didampingi oleh Dekan FISIP UMM Dr Asep Nurjaman, MSi (kiri) menyerahkan cinderamata pada perwakilan dari UUM Nur Syakiran, PhD (kanan). Rino Anugrawan

    - Advertisement -

    MALANG, KabarKampus – University Utara Malaysia (UUM) melakukan lawatan akademik ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rabu (2/10/2013). Kunjungan tersebut diikuti oleh sebanyak tiga dosen dan 14 mahasiswa asal Malaysia.

    Dalam presentasinya, Dr. Diah Karmiyati, Pembantu Rektor III UMM mengatakan, bahwa kemintraan dua universitas lintas negara ini tidak sekedar kunjungan akademik, namun diikuti dengan student exchange, riset bersama, hingga penerbitan publikasi. Kerjasama ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat akedemik secara internasional.

    Dalam kesempatan yang sama, Nur Syakiran Akmal Ismail PhD, Dosen UUM mengamini pernyataan Diah dengan menyebut pertemuan ini sebagai lawatan yang bersifat jangka panjang. Menurutnya, target ke depannya adalah membangun kajian Asia Tenggara dalam perspektif ASEAN Community.

    “Selama ini isu Asia Tenggara masih merujuk pada publikasi western countries. Harusnya, yang otoritatif mengangkat isu Asia Tenggara adalah kita,” katanya.

    Menurutnya,  jika kedua belah pihak bisa mengambil peran itu, maka publikasi yang keduanya lakukan dapat mempengaruhi isu internasional,” papar peraih gelar PhD dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) ini.

    Sebagaimana diketahui, seperti halnya Uni Eropa, negara-negara Asia Tenggara akan membentuk komunitas yang terintegrasi dalam wujud ASEAN Community 2015 dua tahun mendatang. Sebab itulah, kerjasama antara sesama komunitas Asia Tenggara dipandang sebagai kemitraan yang strategis. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here