More

    Sebanyak 7000 Mahasiswa Indonesia Kuliah di Eropa

    Ahmad Fauzan Sazli

    04 10 2013 Kuliah di Eropa

    Sejumlah delegasi dari Eropa memberikan penjelasan mengenai kampus-kampus di Eropa di Pusat Kebudayaan Belanda, Kamis, (04/10/2013). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Minat mahasiswa Indonesia untuk berkuliah ke Eropa dari tahun ke tahun terus meningkat. Untuk tahun 2013 ini saja, jumlah mahasiswa yang berangkat ke Eropa naik 30 persen atau lebih dari 4000 mahasiswa.

    “Secara keseluruhan jumlah, terdapat lebih dari 7000 mahasiswa yang sedang menempuh studi di Eropa,” kata Jenni Lunmark, Programme Officer dari delegasi Eropa untuk Indonesia, Kamis, (03/10/2013).

    Sementara itu menurutnya, jumlah mahasiswa di seluruh dunia yang menempuh studi ke luar negeri saat ini mencapai empat juta dan jumlah ini akan meningkat menjadi tujuh juta orang diakhir abad ini.

    “Khusus untuk Eropa saat ini  terdapat 1,8 juta mahasiswa asing atau sebesar 45 persen di seluruh dunia,” kata Lunmark.

    Sementara itu, di tempat yang sama Stave Buckle dari British Cauncil mengatakan, mahasiswa yang berkuliah di  Eropa nantinya selain memiliki keterampilan bahasa, mereka juga nantinya memiliki memiliki pemikiran baru dan lebih terbuka.

    “Di dalam kelas mahasiswa akan banyak diskusi dan dilatih berpikir kritis, kata Buckle.

    Buckle mencatat, bahwa telah banyak sarjana- sarjana asal Indonesia yang sukses setelah kembali ke Indonesia. Mereka ada di segala bidang mulai dari politis, pengusaha, dan  sebagainya.

    Tak hanya itu menurutnya, belajar di Eropa juga lebih murah dari negara-negara tetangga Indonesia.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here