More

    Tiang Lompat Tinggi UNY Dikendalikan Dengan Remote

    Ahmad Fauzan Sazli

    23 10 2013 Tiang Lompat Elektrik

    Tiang Lompat Tinggi Elektrik. FOTO : UNY

    - Advertisement -

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Teknologi dibidang Olahraga terus dikembangkan, guna membantu memberikan kinerja maksimal dalam perlombaan dan latihan. Upaya pengambangan teknologi tersebut pun dilakukan oleh mahasiswa Unversitas Negeri Yogyakarta.

    Tiga mahasiswa UNY yakni, Nova Supramanto dan Rizki Edi Juwanto dari Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik serta Widi Putra Guna dari Fakultas Ilmu Keolahragaan dengan mengambangkan Tiang Lompat Tinggi Elektrik Otomatis.

    Menurut Nova, lompat tinggi merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang sampai saat ini selalu dipertandingkan dalam level nasional maupun internasional. Namun, selama ini tiang lompat tinggi masih digunakan secara manual dengan bantuan manusia.

    Ia menjelaskan, bahwa tiap kali akan mengubah ketinggian harus ada orang yang mendekat dan mengubah posisi tiang secara manual. Berawal dari sini kelompok mahasiswa ini menciptakan sebuah tiang lompat tinggi berbasis mikrokontroller yang bisa dikendalikan melalui remote kendali.

    “Keuntungan menggunakan tiang lompat tinggi elektrik ini adalah lebih menghemat waktu, ekonomis, dan lebih praktis,” jelas Nova.

    Nova memaparkan, alat ini terdiri dari tiang lompat tinggi, remote untuk mengatur ketinggian dari mistar serta aplikasi untuk melihat tinggi mistar di computer atau laptop. Tiang lompat tinggi elektrik menggunakan mikrokontroller ATmega 15 dengan komponen tiang dan mistar lompat tinggi, motor servo, blok Atmega 15, baterai dan beberapa komponen pendukung lainnya.

    Karya ini pun pernah berhasil merebut medali emas dalam PIMNAS ke-26 di Nusa Tenggara Barat beberapa waktu yang lalu. Selain itu Tiang Lompat Tinggi Elektri ini telah mendapatkan hak paten.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here