More

    Tujuh Mahasiswa UGM Presentasi Teknologi Jamu di Jerman

    Frino Bariarcianur

    07 10 2013 mahasiswa ugm presentasi jamu ke jerman
    YOGYAKARTA, KabarKampus-Tujuh mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) sukses mempresentasikan teknologi jamu Indonesia di sejumlah universitas di Jerman.

    Tujuh mahasiswa UGM tersebut adalah Yuliana Farkhah (Biologi), Rezcha Indriati (Biologi), Sekar Pelangi Manik Putri (Biologi), Iskandar (Biologi), Imam Fathoni (Biologi), Rizky Handayani (Farmasi), Maulana Rizki Aditama (MIPA) dengan dosen pembimbing Dr. Tatang Irianti, M.Sc., Apt. (Farmasi).

    - Advertisement -

    Berdasarkan keterangan dari HUMAS UGM, para mahasiswa akan membeberkan hasil penelitian mereka tentang keberagaman tumbuhan Indonesia yang menjadi obat herbal.

    “Kami mempresentasikan hasil penelitian terkini dan teknologi tentang jamu,” ungkap Yuliana Farkhah, koordinator tim.

    Lebih lanjut ia menjelaskan keberagaman tumbuhan yang ada di Indonesia telah dimanfaatkan dan diolah sebagai obat herbal untuk pengobatan alternatif. Setidaknya sejak abad keempat, obat herbal yang kemudian dikenal sebagai jamu ini menjadi bukti kearifan lokal.

    “Penggunaan yang sudah lama ini telah menjadi kebiasaan dan budaya masyarakat di Indonesia,” kata Yuliana.

    Tujuh mahasiswa UGM mempresentasikan riset melalui studi visit dengan tema “Diversity of Indonesian Ethnobotany : Journey of Herbal Medicine in Modern Lifestyle” di Jerman, 16-27 September 2013. Mereka telah mengunjungi sejumlah universitas terkemuka seperti Georg-August-Universität Göttingen, Dahlem Center of Plant Sciences (DCPS) Freie University of Berlin, Humboldt University, Ludwig-Maximillian University, Münich, dan NationalPark Hainich. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here