More

    UGM Gelar Lomba Kincir Angin

    Ahmad Fauzan Sazli

    kincir angin

    YOGYAKARTA, KabarKampu – Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menggelar Kejuaraan Kincir Angin Indonesia (KKAI). Rencananya lomba akan dilakasanakan di Pantai Pandansimo, Bantul, pada tanggal 1 – 5 Desember 2013.

    - Advertisement -

    Lomba ini terbuka untuk mahasiswa D3, S1, atau S2 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. Tiap perguruan tinggi dapat mengirim dua tim, dimana setiap timnya beranggotakan lima orang dan satu dosen pembimbing.

    Harry Prabowo, S.T.,M.T.,  Sekretaris Panitia mengatakan, perlombaan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini setiap peserta diminta membuat  satu set sistem Turbin Angin lengkap yang terdiri atas generator, blade (sudu), kontrol, sistem akuisisi data dan Tower.

    Ajang ini akan memperebutkan hadiah total Rp 50 juta hingga Rp 70 juta.  Para pemenang ditentukan berdasarkan pada jumlah energi efektif tertinggi, desain turbin, desain generator, desain pengendali dan desain tower.

    Bagi proposal yang lolos yang diberikan kesempatan tiap tim untuk membuat desain turbin selama bulan Oktober hingga ahir November. “Tim yang lolos diberikan subsidi untuk membuat desain yang mereka ajukan,” kata Harry kepada wartawan, Rabu (2/10).

    Ada pun,bagi mahasiswa yang ingin mengikuti perlombaan ini, setiap tim mengirim proposal format soft file PDF ke panitia melalui email [email protected] hingga pertengahan oktober. Sedangkan proposal format cetak bisa dikirim ke Direktorat Kemahasiswaan UGM. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here