More

    Gugun Blues Shelter Konser di Kantin Sastra UI

    Ahmad Fauzan Sazli

    14 11 2013 Gugun Blues Shelter01

    Aksi panggung Gugun Blues Shelter di Kantin Sastra FIB UI, Kamis, (14/11/2013). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

     Ada yang tidak biasa pada Kamis Sore di Kantin Sastra FIB Universitas Indonesia. Sebuah band kenamaan Indonesia membuat riuh kantin yang  menjadi tempat makan mahasiswa Prodi Sastra di kampus UI tersebut.

    Band kenamaan tersebut adalah Gugun Blues Shelter. Band yang terdiri dari  Gugun (gitar), Jono (bass) and Bowie (drum) menghentak pengunjung kantin dengan lagu-lagu blues dari album mereka. Kehadiran mereka pun sontak menarik perhatian seluruh pengunjung dan penjaga kantin.

    Sedikit menyapa mahasiswa, Gugun membuka lagu pertamanya berjudul “Soul on Fire”. Lagu pertama ini disambut mahasiswa dengan tepukan tangan.

    Penampilan Gugun Blues Shelter ini merupakan kegiatan kegiatan History Fair yang digelar mahasiswa Prodi Sejarah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Karena berkonsep sejarah, setelah lagu kedua, band yang berdiri pada tahun 2004 ini pun diajak membagikan cerita sejarah pendirian Gugun Blues Shelter disertai pemutaran film mereka dan diskusi.

    Kemudian Gugun Blues Shelter membawakan lagu berikutnya seperti trampled rose, born to be awesome, driving home alone dan give your love. Pada lagu berikutnya, Gugun menawarkan para mahasiswa untuk mengusulkan lagu.

    “Mau lagu apa,” kata Gugun.

    Kemudian Bono pun menimpalinya dengan mengajak seluruh penoton berdiri dan merapat ke depan. “Ngga asik kalau ngga berdiri. Ayo semuanya berdiri,” kata Bono.

    Penonoton pun berdiri dan maju ke depan. Gugun kemudian mengehentak penonton dengan lagu “Mission”.

    Gugun Blues Shelter adalah band yang lahir dari kafe-kafe. Band ini konsisten memainkan musik blues dari pertama kali berdiri hingga sekarang. Namanya mencuat setelah memenangi Kompetisi the Hard Rock Cafe’s Global Battle Of The Bands, dalam rangka memperingati Ulang tahun Hard Rock Cafe yang ke-40. Sebagai pemenang, mereka tampil di Hyde Park bersama dengan Bon Jovi, Rod Stewart dan The Killers.

    Gugun Blues Shelter tak hanya menyita perhatian dunia musik Indonesia. Mereka juga memiliki penggemar di Eropa. Band ini tercatan tampil di panggung blues Inggris. Tak hanya itu band yang telah mengeluarkan album yakni Get the Bug (2004), Turn It On (2007), dan Gugun Blues Shelter (2010) ini pernah menggelar konser dan mengikuti berbagai festival dunia seperti Malaysia, Singapure, San Fransisco, Holliwood dan kota-kota lainnya.

    Namun, Kamis sore tersebut adalah sore yang spesial, band yang mendunia ini bermain untuk mahasiswa UI di kantin yang sederhana.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here