More

    Pertamina Hijaukan Kampus Unand Dengan Tanaman Buah

    Ahmad Fauzan Sazli

    07 11 2013 Pertamina Hijaukan Unand

    PADANG, KabarKampus – PT Pertamina melakukan penanaman sebanyak 5500 bibit tanaman di kampus Universitas Andalas, Padang, Senin lalu, (04/11/2013). Tanaman yang ditanam tersebut merupakan tanaman pilihan atau tanaman yang dibutuhkan oleh Unand,  seperti durian bangkok dan manggis.

    - Advertisement -

    Dr Werry Darta Taifur, SE,MA, Rektor Unand mengatakan, bantuan pohon yang disediakan PT Pertamina kali ini mempunyai beberapa keistimewaan. Keistemewaan pertama, PT Pertamina menyerahkan sepenuhnya jenis tanaman yang diperlukan oleh Unand. Dengan demikian Unand dapat memilih tanaman buah seperti durian bangkok, manggis dan lain-lainnya.

    “Kebebasan memilih jenis bibit pohon dan tanaman ini sekaligus dapat memenuhi keinginan warga kampus dan masyarakat agar tanaman buah terdapat di kawasan kampus,” kata Rektor.

    Selanjutnya, keistimewaan kedua menurutnya, PT Pertamina menyediakan biaya penanaman. Selain itu pertamina juga memberikan perawatan sampai batas umur kritis dan menyediakan 10% cadangan bibit pengganti.

    “Keistemewaan ini tentu akan dapat menjamin kelangsunganhidup bibit yang ditanam  dalam jumlah besar  dan dalam waktu yang lama,” ungkap Rektor.

    Kemudian keistemewaan ketiga menurutnya, rombongan PT Pertamina yang datang hari ini dalam jumlah besar dan datang tidak hanya sekedar menghadiri acara penanaman pohon, tetapi Bapak Nursatyo Argo, Corporate Secretary PT.Pertamina juga berkenan memberi pencerahaan dan spirit kewirausahaan kepada mahasiswa Unand dan warga Unand.

    “Tentu keistimewaan yang ketiga ini mempunyai kontribusi luar biasa kepada mahasiswa Unand dalam menghadapi kompetisi lapangan kerja dan dampak globalisasi,” jelasnya.

    Rektor juga menambahkan bahwa bantuan yang diberikan PT Pertamina hari ini dapat menambah point bagi Unand yang sedang bertarung dengan perguruan tinggi di dunia dalam UIGreenMetric World University Ranking.

    Unand sendiri semenjak tahun 2005 telah berusaha melaksanaan penghijauan campus dengan bantuan berbagai pihak. Upaya ini telah menempatkan Unand mendapat penghargaan dari berbagai pihak, termasuk penghargaan dari Menteri Kehutanan RI yang menilai kampus Unand layak dinyatakan kampus masuk kategori kampus hijau.

    Sementara itu, Nursatyo Argo, Sekretaris Korporasi PT Pertamina Persero, dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat senang terhadap antusiasme Unand terhadap program penghijuan kampus. Bagi Pertamina, penanaman pohon tersebut merupakan bagian dari program Pertamina yakni “Pertamina Sobat Bumi” untuk menanam 100 juta pohon di Indonesia.

    Ia menjelaskan Program Pertamina tersebut telah dilaksanakan semenjak 2011 dan akan terus dilaksanakan sampai 2015. Hingga saat ini sudah 48 juta pohon yang ditanam di berbagai daerah di Indonesia. Melalui program penanaman 100 juta  pohon ini, Pertamina telah berkontribusi untuk menyerap 311 juta ton karbondioksida per tahun.

    Pada penutupan sambutannya Corporate Secretary PT Pertamina menyampaikan bahwa Pertamina  akan menambah keperluan bibit pohon jika Unand masih memerlukan untuk penghijauan kampus.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here