More

    Sebanyak 51 Orang Civitas Akademika UB Akan Menyelam Selama 24 Jam

    Ahmad Fauzan Sazli

     

    Keindahan laut Pulau Tegal, Pasawaran. FOTO : YOPIE PANGKEY

    - Advertisement -

    Ilustrasi. FOTO : YOPIE PANKEY

    MALANG, KabarKampus – Universitas Brawijaya (UB) akan merayakan umurnya yang ke-51. Dalam rangkaian Dies Natalis tersebut, UB akan memecahkan rekor Musium Rekor Indonesia (Muri).

    Sebanyak 51 orang civitas akademika UB akan menyelam selama 24 jam di dalam air. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan di Karang mayit, Pasir Putih, Situbondo pada pada 21 -22 Desember 2013.

    Para penyelam yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan karyawan ini akan menyelam di kedalaman 9-12 meter dengan tekanan berkisar dua bar.

    Mereka akan didampingi Buddy (mitra penyelam) dari POSSI, AL, DKP Prop. Jatim, DKP Kab. Situbondo dan beberapa Perguruan Tinggi di Jawa Timur. apenyelam inti dari kegiatan ini adalah mahasiswa yang tergabung dalam FISHDIC (Fisheries Diving Club) FPIK UB dan pembinanya serta beberapa dosen dan karyawan lainnya dengan syarat bersertifikat/lisensi selam internasional.

    Adapun kegiatan yang akan mereka lakukan selama pemecahan rekor MURI tersebut adalah, Upacara Pengibaran Bendera Universitas Brawijaya, mengamati ekosistem bawah laut, mencakup etologi dan interaksi biota bawah laut selama 24 jam. Nantinya hasil pengamatan itu akan dipublikasikan pada Buku Pengalaman dan Pengamatan Biota.

    Dipilihnya lokasi Pasir Putih Situbondo dikarenakan merupakan tempat yang mendukung penyelaman baik dari segi biota lautnya maupun keamanan penyelaman. Selain itu, kawasan Pasir Putih merupakan daerah Pencadangan Kawasan Terumbu Karang yang termasuk Kawasan Konservasi Perairan Daerah.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here