More

    BEM FE UI : Kuliah Intensif Ekonomi Islam dan Sharia Economics Days 2013

    02 12 2013 seminar ekonomi FE UIForum Studi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FSI FEUI) kembali menyelenggarakan rangkaian kegiatan Ekonomi Syariah berskala nasional tertua yang diselenggarakan oleh mahasiswa. Melalui Departemen SHINE (Study and Research of Islamic Economics and Business), FSI FEUI menghadirkan The 13th KIEI SEconD 2013.

    Acara ini merupakan merger dari dua acara yang sebelumnya diadakan secara terpisah, yaitu KIEI (Kuliah Intensif Ekonomi Islam), dan SEconD (Sharia Economics Days).

    Di penyelenggaraan yang ke-13 ini, KIEI SEconD mengambil tema “Achieving The World’s Major Economic Power Through Islamic Economics”. Menurut survey McKinsey yang dipublikasikan pada tanggal 18 September 2013, Indonesia bisa menjadi negara nomor 7 dengan ekonomi terkuat di dunia karena ditopang oleh konsumsi domestik yang tinggi.

    - Advertisement -

    Jumlah kelas menengah orang Indonesia diprediksi naik hingga sebesar 90 juta orang, meningkat signifikan dari jumlah pada tahun 2012 sebesar 45 juta orang.

    Daya beli kelas menengah inilah yang menopang Indonesia kedepan. Selain itu, pada tahun 2030, Indonesia juga akan menawarkan peluang bisnis yang sangat luar biasa senilai USD 30 milyar dari berbagai sektor, mencakup sektor pertanian, perikanan, dan sumber daya alam. Bermula dari survey inilah, The 13th KIEI SEconD ingin lebih mendalami seberapa besar peran Ekonomi Syariah dalam mewujudkan mimpi besar ini, menghantarkan Indonesia menjadi negara dengan perekonomian terbesar nomor 7 di dunia. Tentu saja Ekonomi Syariah sangat mampu karena Ekonomi Syariah ketangguhan sistem ini sudah terbukti. Ekonomi syariah mampu menahan badai krisis yang telah terjadi beberapa tahun lalu. Selain itu sistem Ekonomi Syariah juga lebih menyejahterakan dibandingkan dengan sistem konvensional yang saat ini masih diterapkan.

    Ada tiga rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam gelaran The 13th KIEI SEconD tahun ini. Rangkaian ini dimulai dari kegiatan Perkuliahan Intensif Ekonomi Islam (09/11-30/11), kemudian Seminar Nasional Ekonomi Islam (02/12/2013), Kompetisi (03-05/12/2013), dan Company Visit (04/12/2013).

    Perkuliahan Intensif Ekonomi Islam yang dilaksanakan bekerja sama dengan Iqtishod Consulting. Menghadirkan pakar Ekonomi Islam terbaik dan berkompeten yang langsung memberikan transfer ilmunya kepada peserta. Ada 2 jenis kelas dalam Perkuliahan ini, yaitu kelas Basic yang ditujukan kepada peserta yang belum pernah belajar tentang Ekonomi Islam sama sekali sebelumnya, serta kelas Intermediate yang ditujukan kepada peserta yang pernah belajar tentang Ekonomi Islam dan ingin lebih mendalami ilmu Ekonomi Islam tersebut.

    Kemudian, setelah Perkuliahan Intensif berakhir, dilanjutkan dengan seminar nasional yang juga menghadirkan pembicara handal yang akan mengupas bagaimana Ekonomi Islam dapat mentrigger perekonomian Indonesia sehingga bisa menjadi yang ke tujuh terbesar di dunia, pada tahun 2030 nanti. Kompetisi akan dimulai pada hari Selasa (03/12/2013). Ada dua jenis kompetisi yang dipertandingkan, yaitu Sharia Essay Competition dan Sharia Economic Olympiad. Untuk kompetisi Essay, yang akan mempresentasikan hasil karyanya adalah 5 besar peserta yang essaynya terpilih dari seleksi yang telah dilakukan oleh panitia sebelumnya. Sharia Economic Olympiad akan menguji sejauh mana mahasiswa mendalami Ekonomi Islam dengan rangkaian kompetisi yang terdiri dari penyisihan, amazing race, dan cepat tepat. Dalam company visit, peserta kompetisi akan diajak berkunjung ke Otoritas Jasa Keuangan dan Muamalat Institute di Jakarta.

    Untuk informasi selengkapnya, kunjungi website kami di kieisecond.fsifeui.com, follow twitter @KIEISECOND_FEUI atau hubungi Dita (085721876695) dan Geri (085693707960). []

    - Advertisement -

    2 COMMENTS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here