More

    Lima Kabar Baik Dari Unnes

    Ahmad Fauzan Sazli

    29 03 2014 Rektor Unnes
    Prof. Dr Fathur Rokhman, Rektor Unnes. Dok. Unnes

    SEMARANG, KabarKampus – Universitas Negeri Semarang merayakan puncak kegiatan Dies Natalis ke-49 di kampus Unnes, Semarang, Sabtu, (29/03/2014). Ada lima kabar gembira yang disampaikan Prof Dr Fathur Rokhman Mhum, Rektor Unnes dalam upacara puncak Dies Natalis tersebut.

    Kabar gembira itu menjadi pelengkap kebahagiaan civitas akademika di tengah prestasi yang telah dicapai selama  tahun 2013.

    - Advertisement -

    Pertama, peminat yang telah mendaftarkan diri dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah mencapai 45.000. Jika dibandingkan perguruan tinggi negeri eks-IKIP lain, peminat Unnes adalah yang tertinggi di Indonesia.

    Selain itu, Unnes cenderung menjadi pilihan pertama dengan rasioa 60:40. Para pendaftar itu berasal dari 33 provinsi di Indonesia. Bahkan, tahun ini sejumlah peminat berasal dari beberapa negara di Asia.

    Kabar baik kedua, hingga hari ini pendaftar program Bidikmisi telah melampaui 14.000 orang. Data terseut meneguhkan Unnes Sebagai kampus rakyat, kampus yang membuka pintu lebar-lebar bagi si miskin untuk belajar. Komitmen Unnes untuk menyediakan setidaknya 20% bangku bagi si miskin akan terus dijaga, bahkan persentasenya telah mencapai 26%.”

    Kabar baik ketiga, program Professors Go to Schools yang dibidani Unnes telah sukses digelar dan mendapat respons positif dari berbagai kalangan, termasuk media. Karena itu, tahun ini program itu dilanjutkan ke program yang lebih luas jangkauannya, yaitu program Professors and Doctors Go to Schools.

    Kabar baik keempat, Unnes telah sukses mengimplementasikan program doktorisasi dosen dengan dana Islamic Development Bank (IDB) 2013.  Ada 16 dosen yang saat ini belajar S3 di Australia, China, Jepang, Inggris, Mesir, dan Selandia Baru. Unnes akan memanen doktor ini mulai tahun 2016. Dan kami yakin, mereka akan menjadi barisan baru yang mendukung pencapaian visi internasional Unnes pada 2020.

    Kabar baik kelima, kini Unnes merancang kurikulum internasional. Pada 2015 nanti akan ada 10 program studi yang akan menggunakan kurikulum internasional.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here