More

    Berkat Plastik LDPE, Mahasiswa Unesa Raih Emas di Malaysia

    Ahmad Fauzan Sazli

    logo unesa_surabayaSURABAYA, KabarKampus – Mahasiswa Universitas Negeri Suarabaya (Unesa) meraih prestasi yang membanggakan di Malaysia. Mereka meraih emas dalam ajang International Engineering Invention and Innovation Exhibition (I-Envex) di Universiti Malaysia Perlis (Unimap).

    Ajang I-ENVEX  yang digelar dari tanggal 11 – 13 April ini diikuti oleh 20 negara termasuk Indonesia. Tim Unesa yang terdiri dari mahasiswa dari Jurusan Fisika Unesa, yakni Mochammad Rizal Fadhillah, Wahidussilmi, Adrian Sjahmi Dewanto, dan Dwi Putri Megawati merupakan salah satu tim yang mewakili Indonesia dalam ajang itu.

    - Advertisement -

    Berkat karyanya yang berjudul “Distillation Trashes Polymer LDPE (Low Density Polyethilen) As A Fuel and Lubricant Solid on Motor Gear” tim dari Unesa berhasil meraih Gold Medal dan menjadi juara dalam katagori agriculture, environmental and renewable energy. Tidak hanya itu, Spesial Award dari Romania Inventors Forum (RIF) pun berhasil diboyong oleh tim dari Unesa ini.

    “Benar-benar tak menyangka akan mendapatkan Gold Medal, padahal target kita sebelumnya adalah Silver Medal,” ungkap Rizal, salah satu anggota tim.

    Sementara itu, Wahid menambahkan, mereka membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membuat LKTI , yakni lebih kurang selama enam bulan. Ada tiga tahap yang harus dilalui sebelum bisa berangkat ke Malaysia, tahap pertama yakni membuat Abstrak dari karya tulis, dilanjutkan dengan tahap kedua mengumpulkan jurnal serta paper dan tahap ketiga yaitu mengumpulkan foto-foto, hasil laboratorium serta poster.

    “Inilah buah hasil dari kerja keras, dari suatu hal yang sederhana yakni kantung plastik LDPE disulap menjadi suatu terobosan baru yang bermanfaat,” tambah Wahid.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here