More

    Dosen Unesa Juara Lomba Desain Kostum Indonesia Untuk Sea Games

    Ahmad Fauzan Sazli

    Foto. Unesa
    Foto. Unesa

    SURABAYA, KabarKampus – Muhamad Rois Abidin, Dosen Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjuarai sayembara Kostum Kontingen Nasional Olah Raga Indonesia Untuk Sea Games 2014 /2015. Karya Rois menawarkan desain yang sesuai dengan kreteria panitia. Selain orisinal, karya yang dibuat sesuai dengan tema.

    “Dalam setiap perlombaan saya selalu berusaha untuk memahami dengan baik dan benar setiap kata per kata dari seluruh syarat dan ketentuan. Ketika saya sudah paham maka akan dengan mudah ‘menyuntikkan’ seluruh informasi tersebut ke dalam otak kita dan hal itulah yang menjadi rambu-rambu dalam proses desain saya,” ungkapnya.

    - Advertisement -

    Ia menjelaskan, inspirasi desain yang ia lombakan adalah pola sederhana yang membentuk seekor burung garuda dengan garis putih dan warna blok merah. Desain tersebut terinspirasi dari lagu ciptaan band Netral “Garuda di Dadaku”.

    “Inspirasi sederhana itu yang kemudian saya angkat dan saya visualkan menjadi sebuah pola dalam desain fesyen untuk seragam kontingen Indonesia yang nanti akan berlaga di Asian Games dan Sea Games,” kata Rois.

    Menurut Rois, desain tersebut mampu memvisualkan klu dari panitia yaitu semangat merah putih, semangat kepahlawanan, semangat persatuan dan kesatuan, serta semangat pantang menyerah.

    “Dalam desain tersebut saya ingin para atlet bangga terhadap bangsanya, bangga untuk bisa mejadi yang terbaik bagi bangsanya,” ungkap dosen muda tersebut.

    Atas kemenangan dalam ajang yang digelar Kemenpora tersebut, Rois berhak mendapatkan hadiah dengan nominal 40 Juta Rupiah.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here