More

    Mahasiswa Asing Unila Susun Kamus Tringual

    Ahmad Fauzan Sazli

    Mahasiswa asing Unila susun kamus bilingual. Dok. Unila
    Mahasiswa asing Unila susun kamus bilingual. Dok. Unila

    LAMPUNG, KabarKampus – Sebanyak tujuh mahasiswa asing  (Program Darmasiswa) Universitas Lampung (Unila ) menyusun kamus tringual atau tiga bahasa. Penyusunan kamus ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 13 – 14 Mei 2014 di kampus Unila.

    “Output penyusunan kamus trilingual (tiga bahasa) ini adalah sebuah program berbasis aplikasi android,” kata Suratno, S.Pd., M.H., selaku pendamping mahasiswa asing Unila.

    - Advertisement -

    Ia mengatakan, mahasiswa asing ini menerjemahkan Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggris, dan empat bahasa asli dari daerah asal masing-masing mahasiswa . Bahasa asing tersebut yakni Bahasa Polandia, Korea, Kamboja, dan Jepang.

    Selanjutnya, Suaratno menambahkan, materi dalam kamus tringual tersebut memuat 10 topik, antara lain, tentang perkenalan, keluarga, bertelepon, kegiatan sehari-hari, rumahku, arah dan lokasi, memesan makanan, waktu luang, berbelanja, dan rekreasi.

    Penyusuan kamus tringual ini digelar oleh Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (PKLN) Kemdikbud, beserta Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMEO-SEAMOLEC) bekerja sama dengan Universitas Lampung (Unila).

    Penyusunan kamus ini melibatkan beberapa tutor dari SEAMEO-SEAMOLEC yang mendampingi ratusan peserta Program Darmasiswa. Penyusunan ini berlangsung serentak di beberapa wilayah lain yang terdapat mahasiswa asing Program Darmasiswa, seperti di Padang, Palembang, Semarang, Surabaya, dan Bali. Sementara di Jakarta selaku koordinator juga berlangsung kegiatan yang sama, sampai tanggal 15 Mei.

    Seperti diketahui, belakangan dukungan Bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional semakin menguat. Dalam forum ASEAN pernah diusulkan agar bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi di kawasan Asia Tenggara. Aplikasi trilingual ini, selain menjadi program Biro PKLN Kemdikbud untuk memeperkaya khasanah ragam bahasa asal negara peserta Darmasiwa, juga dijadikan modal Pemerintah Indonesia untuk Go Bahasa Internasional.

    Rencananya kamus trilingual ini diaplikasikan secara audio-visual. Bagi yang ingin membeo dan menghapal, bisa dilakukan dengan mengulang-ulang aplikasinya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here