More

    Ners Gantikan Panggilan Suster di Rumah Sakit

    Ahmad Fauzan Sazli

    Mahasiswa Keperawatan Unej. Dok Unej
    Mahasiswa Keperawatan Unej. Dok Unej

    JAKARTA, KabarKampus – Panggilan suster atau mantri kerap disandangkan dengan seseorang yang berprofesi sebagai perawat di rumah sakit. Ke depan istilah istilah ini tidak akan digunakan lagi dan akan digantikan dengan “Ners”

    Ns. Roymond Simamora, M.Kep Dosen Departemen Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar (DKKD) Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember (Unej) menjelaskan, istilah Ners merupakan istilah pengganti yang diberikan kepada perawat yang sudah menyelesaikan pendidikan akademik pada Program Studi Ilmu Keperawatan (S-1) dan Program Pendidikan Profesi Ners.

    - Advertisement -

    “Panggilan Ners akan menggantikan suster maupun mantri,” katanya.

    Roymond menjelaskan,  adanya tuntutan profesionalisme di dalam tubuh keperawatan, meminta keperawatan menata kembali sistem pendidikannya.  Untuk mendukung pencapaian profesionalisme keperawatan tersebut, sistem pendidikan keperawatan bergeser dari pendidikan vocasional (D3 keperawatan) ke jenjang pendidikan First line profesional degree, yaitu program pendidikan profesional tahap pertama yaitu pendidikan sarjana keperawatan dan program pendidikan profesi Ners.

    “Untuk itu perlu sosialisasi, agar masyarakat tau makna dari perubahan tersebut,” jelas Raymond.

    Lebih jauh Roymond menjelaskan untuk melahirkan para lulusan yang berkualitas tersebut, PSIK Universitas Jember kini telah membuka Program Pendidikan Profesi Ners. Setiap sarjana keperawatan lulusan dari PSIK Unej ini berhak untuk menempuh Program Pendidikan Profesi Ners, sehingga nantinya mereka akan mendapatkan dua gelar sekaligus, yaitu: gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan gelar profesi Ners (Ns).

    “Tujuan dibukanya pendidikan Profesi Ners ini untuk mempersiapkan para lulusan yang berkualitas melalui penyesuaian professional dalam bentuk pengalaman belajar diklinik ataupun dilapangan secara komprehensif,” ujarnya.

    Menurutnya dengan adanya pendidikan profesi tersebut para lulusan PSIK Universitas Jember akan memiliki kemampuan professional.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here