More

    Mahasiswa UGM Cegah Tindak Kejahatan Seksual Lewat Komik

    Ahmad Fauzan Sazli

    Contoh komik The Sintas Brave. http://komiksintas.blogspot.com/
    Contoh komik Sintas Yhe Brave. Sumber : komiksintas.blogspot.com/

     

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Banyak orang tua menganggap tabu membicarakan seks dengan anak. Padahal pendidikan seks penting untuk proses tumbuh kembang anak dan mencegah terjadinya tindak kejahatan seksual.

    - Advertisement -

    Sementara itu, Komnas Perlindungan Anak menyebutkan pada tahun 2012 terdapat sekitar 1.383 pengaduan kasus kekerasan anak. Jumlah tersebut meningkat sepanjang 2013 menjadi 3.023 kasus. Dari jumlah tersebut 58 persen kasus merupakan tindak kejahatan seksual pada anak dengan berbagai modus seperti bujuk rayu dan tipuan, iming-iming, pemberian obat penenang, penculikan, dan penyekapan.

    Atas fakta di atas, mahasiswa UGM yang terdiri dari M.R. Al Reno, Jayanti Ayu K, serta Fadiah N A, Armita Sharfina, dan M. Ibnu Hakim tergerak untuk ikut memikirkan bagaimana membantu menyampaikan pendidikan seks pada anak dengan cara yang tepat. Mereka membuat sebuah komik Sintas The Brave, yang disusun sesuai dengan usia dan tahap perkembangan psikologis anak mulai TK hingga SMA.

    “Kami memilih komik karena bentuknya sederhana, mudah dipahami, dan disukai anak-anak,” jelas mahasiswa Fakultas Kedokteran angakat 2011 ini.

    Ia menjelaskan, komik Sintas The Brave diterbitkan dalam tiga edisi yaitu untuk anak usia TK dan SD, SMP, serta SMA. Seperti, Sintas The Brave edisi strater, anak-anak diajak belajar mengenal bagian tubuhnya sendiri. Anak-anak juga dikenalkan dengan perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Selain itu, bagaimana menolak berbagai modus tindak kejahatan seksual seperti bujuk rayu, iming-iming, dan obat bius.

    “Saat ini kami baru menerbitkan 300 eksemplar edisi starter untuk anak usia TK hingga SD. Nantinya juga akan diterbitkan untuk anak usia SMP yang menekankan pada proses pubertas. Sedangkan untuk anak SMA akan lebih banyak dikenalkan pembelajaran bagimana mengontrol perasaan pada lawan jenis dan pengetahuan mengenai penyakit menular seksual,” urainya.

    Jayanti menambahkan,  komik Sintas The Brave disusun dengan mengadaptasi silabus pendidikan seks di sejumlah negara seperti Jepang dan Australia. Disamping itu, silabus juga diperoleh dari berbagai buku parenting yang materinya disesuaikan dengan budaya Indonesia.

    Saat ini komik Sintas The Brave edisi starter dijual dengan harga Rp 30 ribu. Pemasaran sementara dilakukan secara langsung dengan menyasar sejumlah SD di Yogyakarta.

    Bagi kamu yang berminat dapat langsung memesan dengan mengunjungi twitter@komiksintas atau facebook.com/komiksintas. Untuk melihat contohnya kamu bisa lihat di bit.ly/komiksintas.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here