More

    We Care 2014 UI Perjuangkan Fasiltas Umum Bagi Difabel di Lingkungan Universitas

    Ahmad Fauzan Sazli

    19 06 2014 POSTER ACARA PUNCAKJAKARTA, KabarKampus – Departemen Pengabdian Masyarakat BEM Psikologi UI kembali mempersembahkan sebuah kegiatan sosial bernama We Care 2014. Lewat tema besar “Berbagai Jalan dengan Sesma”, We Care tahun ini fokus pada Penyandang disabilitas.

    Program We Care adalah kegiatan sosial tahunan BEM Psikologi UI. Program ini bertujuan memberikan kontribusi  bagi masyarakat, yang merupakan implementasi aspek tridarma perguruan tinggi dalam kehidupan masyarakat.

    - Advertisement -

    Annisa Aulia Jasmy, panitia, melalui We Care 2014, diharapkan pengabdian terhadap masyarakat penyandang disabilitas dapat dimulai melalui usaha-usaha dalam rangka pengadaan fasilitias umum untuk komunitas disabilitas yang saat ini masih minim. Lebih khususnya di lingkungan universitas untuk menunjang kegiatan dan kemandirian mereka dalam menuntut ilmu.

    “Karena pengadaan fasilitas umum bagi penyandang disabilitas di lingkungan pendidikan dirasa masih sangat kurang, maka di sini kami coba membantu memperjuangkan hak-hak pelayanan umum yang dapat menunjang kemandirian mereka,” kata Annisa.

    Ia menjelaskan,  melalui kegiatan ini pula, diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian dan empati terhadap komunitas penyandang disabilitas.

    Kegiatan We Care 2014, terdiri dari 2 rangkaian acara, yakni Sensitivity Training dan Acara Puncak. Rangkaian acara pertama, Sensitivity Training telah dilakukan pada 24 Mei 2014 lalu di gedung H Fakultas psikologi UI. Pada acara tersebut, para Volunteer yang akan berhadapan langsung dengan teman-teman mahasiswa penyandang disabilitas, diberikan pengetahuan dan pelatihan. Volunteer terdiri dari mahasiswia berbagai fakultas di Universitas Indonesia (UI).

    Pada rangkaian acara kedua, yakni acara puncak akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Juni 2014 mendatang di Ruang PC101 Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan UI. Dalam acara ini, akan diadakan Mini Seminar dan Focus Group Discussion (FGD). Topik yang akan dibahas adalah “Mewujudkan Pendidikan Inklusi melalui Sarana dan Prasarana yang Ramah Difabel”.

    Acara puncak ini akan diikuti oleh 30 mahasiswa penyendang disabilitas yang datang dari Universitas sekitar JABODETABEK dan para Vounteer. Di acara puncak, WeCare 2014, menghadirkan pembicara yang merupakan ahli dibidangnya. Adapun para pengisi acaranya adalah Dra. Puji Lestari Prianto, M.Psi (Dosen Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, Psikologi UI), Paramita Atmodiwirjo, PhD. MArch (Dosen Arsitek UI), dan Gufrani Sukarya (Ketua PPDI).

    Untuk informasi lebih lanjut pantau lini masa @WeCare_2014.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here